Header Ads

KPU OKU harapkan Partisipasi pemilih meningkat

Foto : Yudi Risandi
Sumber : Net
Baturajaradio.com - Dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur sumatera selatan yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan tahun 2018 ini. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menargetkan partisipasi Pemilih lebih tinggi dari pilgub Sumsel tahun 2013. Hal ini dikatakan Ketua KPU OKU Naning Wijaya melalui Divisi SDM dan Peran Serta Masyarakat Yudi risandi.

Menurut yudi untuk pilgub tahun 2013 yang lalu, tingkat partisipasi pemilih sekitar 63 persen. "Sebenarnya kalau KPU belum tentukan target, dan untuk partisipasi pemilih itu bukan target tapi kita berusaha meningkatkan kesadaran pemilih sehingga kesadaran pemilih akan hak suaranya tinggi dan ini lah yang biasa menentukan tingginya partisipasi pemilih" tuturnya.

Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 nanti KPU OKU berharap dapat menargetkan partisipasi pemilih meningkat hingga ke angka 70 persen.  Menurut Yudi, menumbuhkan kesadaran untuk datang ke TPS dan memilih pilihan sesuai hati nurani adalah faktor yang sangat penting, untuk itu sosialisasi terus dilakukan ke semua pihak agar masayarakat semakin aktif untuk memilih. 

"Partisipasi diatas angka 70 persen sudah termasuk tinggi, kalaupun sudah menyentuh dan mendekati 100 peraen itu sudah sangat luar biasa namun sejauh ini kita belum pernah tembus mendekati angka 100 persen, untuk itu sosialisasi harus kita tingkatkan" tambahnya. 

Jika melihat dari tingkat kehadiran para pemilih pada pemilihan sebelumnya, menurut yudi itu sudah cukup baik dan menunjukan bahwa masyarakat masih berperan aktif terhadap kemajuan negeri ini. (Redo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.