Header Ads

Kemendikbud Kirim 31 Peserta World Skills Competition

Baturaja RadioKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirim 31 peserta Tim Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia berlaga di kompetisi keahlian dan keterampilan Internasional, World Skills Competition (WSC) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Ajang kompetisi tingkat dunia ke-44 diikuti 76 negara berlangsung pada 15-20 Oktober 2017.

"Kita butuh individu memiliki skill (keterampilan) yang baik, mental dan psikis yang kuat untuk memenangkan kompetisi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (6/10).

Ia mengatakan kompetisi itu melombakan kompetensi kejuruan yang menjadi kebutuhan dunia Internasional. Dijelaskan oleh dia, dunia pendidikan harus mempersiapkan generasi-generasi petarung untuk mencapai sesuatu tujuan.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan Indonesia menjadi bagian kompetisi dua tahunan itu sejak 2005. Kegiatan itu, Hamid melanjutkan, bertujuan mempromosikan tenaga kerja muda di seluruh dunia. Sehingga tenaga kerja muda mampu mengukur tingkat keterampilan, serta kemajuan SDM dari para peserta lainnya.

Hamid menjabarkan Indonesia memgikuti 29 bidang lomba terbagi tiga kelompok. Pertama, teknologi manufaktur terdiri dari 16 bidang lomba, yakni, mekatronika, melukis mobil, dan pemodelan prototipe. Kedua, periwisata melombakan delapan bidang, seperti, teknologi mode, memasak dan terapi kecantikan. Ketiga, teknologi informatika melombakan empat bidang, seperti, desain dan pengembangan web, desain grafis dan teknologi, dan robot mobile.

Hamid menjabarkan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud menyiapkan calon peserta/kompetitor siap berlaga dalam WSC 2017. Kemendikbud bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Otomotif dan Elektro Malang, PT Toyota Motor Manufakturing Indonesia (TMMIN), Daihatsu Astra Jakarta, PT FESTO Jakarta, PT Denso Cikarang, Floristy Newline Floral Education Center, PPPIK-PIKA Semarang, Universitas Bina Nusantara, Puspita Martha Internasional Beauty School, Hope Taylor, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan Priyo Salim Gallery.

Peserta WSC Indonesia 2017 merupakan alumni juara Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Nasional dan juara I ASEAN Skills Competition (ASC). Peserta pernah mengikuti pelatihan standar kompetensi internasional sejak 22 Februari sampai 30 September 2017. (republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.