Header Ads

Cuaca Ekstrem, Warga OKUT di Bantaran Sungai & Dataran Tinggi Diminta Waspada. Ini Potensi Bahayanya

BATURAJA RADIO - Masyarakat Kabupaten OKU Timur diminta untuk waspada meyusul ekstremnya cuaca dalam beberapa bulan terakhir.
Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur, H Rusman SE MM Minggu (8/10/2017) ketika dikonfirmasi.
Menurut Rusman, dalam beberapa minggu terakhir hujan lebat disertai angin kencang selalu terjadi dalam kurun waktu yang cukup panjang, yang tentu saja sangat membahayakan dan mengancam masyarakat.
Baik yang ada di bantaran sungai maupun yang di dataran tinggi.
"Yang ada di bantaran sungai dikhawatirkan longsor dan diterjang air akibat luapan Sungai Komering yang volumenya terus mengalami peningkatan karena tingginya curah hujan di hulu sungai," katanya.
Sedangkan yang untuk yang berdomisili di dataran tinggi khawatirkan karena adanya angin kencang yang kerap terjadi disertai hujan deras.
Hujan kata dia, akhir-akhir ini selalu disertai dengan angin yang bisa membahayakan dan berpotensi puting beliung.
"Semuanya berbahaya. Kalau di bantaran sungai dikhawatirkan luapan Sungai Komering.
Kalau didataran tinggi dikhawatirkan terjadi puting beliung. Kita himbau agar masyarakat tetap waspada," katanya.
Menurut Rusman, untuk mengantisipasi terjadinya korban jika terjadi bencana, maka pihaknya sudah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memberikan bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.