Header Ads

Cara Cegah Penularan Penyakit Kaki Gajah di Musim Hujan, Waspadai Gigitan Nyamuk!

Baturaja Radio - Filariasis atau kaki gajah menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan. Karena itu, Anda harus mencegah penyakit tersebut yang menyebabkan kecacatan permanen.

Pada awalnya, gejala filariasis tergolong ringan. Pasiennya hanya mengalami demam yang hilang timbul dengan suhu yang tak terlalu tinggi, yang juga disertai dengan pembengkakan di kelenjar getah bening.
Anda harus melakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit ini terutama di musim hujan. Salah satu yang paling utama yakni mencegah diri sendiri dari gigitan nyamuk saat beraktivitas.
Pakar Filariasis Prof Dr Agnes Kurniawan PhD SPark mengatakan, musim hujan menjadi waktu yang rawan terhadap penularan filariasis. Pencegahan utamanya yakni dengan mengenali siklus hidup nyamuk, terutama saat musim hujan.
"Untuk pencegahan, diperlukan pencegahan dari gigitan nyamuk karena yang menularkan infeksi ini. Jenis nyamuknya aedes aegypty, culex, nyamuk di rawa-rawa dan segala jenisnya dapat menjadi vektor," ujar Prof Agnes saat ditemui di kawasan Kuningan, Senin (3/10/2017).
Selain, mencegah gigitan nyamuk, Anda juga harus minum obat albendasol sebagai pencegahan yang ampuh. Pemerintah memberikan obatnya secara gratis lewat program nasional untuk mencegah penyakit.
Di samping itu, Prof Agnes membeberkan banyak tips untuk mencegah penularan filariasis saat musim hujan. Ada banyak cara yang harus Anda ketahui, sebagai berikut ulasannya, dirangkum Okezone.
- Saat musim hujan sangat rentan dengan kemunculan genangan air di sekira Anda. Maka, hindarilah genangan air, terutama di bak mandi, atau jalanan dekat rumah yang berlubang. Anda juga harus mencegah filariasis dengan menutup got yang juga menjadi sumber penularan nyamuk yang paling utama di pemukiman.
- Pakailah pakaian serba panjang saat keluar rumah. Lebih ampuh lagi, oleskan reppelent untuk mencegah gigitan nyamuk. Cara ini wajib dilakukan semua penduduk, terutama di wilayah endemis malaria yang belum tereliminasi.
- Saat tidur pasanglah kelambu di bagian ranjang. Jangan sampai ada nyamuk yang bersarang di kamar Anda. Sebelum tidur, coba usir nyamuk dengan cara yang benar. Jauhkan anak-anak dari gigitan nyamuk, terutama di saat tidur.
- Jika ada pasien yang terdeteksi filariasis, harus segera konsultasi ke dokter. Pastikan untuk tidak terlambat menolongnya, supaya tak menjadi sumber penularan. Pahami betul gejala filariasis, seperti demam berulang dan membengkaknya kelenjar getah bening, terutama di area kaki, alat kelamin, ketiak dan payudara.
- Jauhi lingkungan yang menjadi sumber penularan kaki gajah. Anda harus menghindari dekat dengan got, rawa-rawa, sawah, genangan air dan tempat lain yang menjadi sumber penularan penyakit.
- Minumlah obat albendasol sesuai dosis yang dianjurkan, yakni minum 6 mg per 1 kg berat badan. Biasanya kalau anak-anak minum satu tablet dan minum tiga tablet untuk orang dewasa. Lakukan selama setahun sekali dan ada efek sampingnya yang dialami sebagian orang. (lifestyle.okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.