Header Ads

Manfaat Minum Kopi dan Teh untuk Kesehatan



Manfaat teh untuk kesehatan

BaturajaRadio - Analisis yang dilakukan oleh Lenore Arab menemukan bahwa peminum teh berisiko lebih rendah untuk terpapar gangguan jantung dan stroke. Teh juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini didukung oleh Linus Pauling Institute yang mengungkapkan baik teh hijau maupun teh hitam, keduanya mampu melindungi tubuh dari penyakit jantungstroke dan osteoporosis.
Suatu penelitian lain kepada 1003 orang dewasa berusia lebih dari 70 tahun mengungkapkan bahwa mereka yang meminum green tea lebih dari 2 gelas dalam sehari berisiko lebih rendah mengalami pikun. University of Maryland menambahkan bahwa green tea membantu tubuh mengendalikan glukosa dalam darah dan melindungi hati dari kerusakan.
Namun penelitian yang dilakukan oleh Hallberg mengungkapkan bahwa mengkombinasikan teh dengan beberapa cemilan seperti burger dan mashed potato mampu menurunkan 62 persen penyerapan zat besi dalam tubuh, dibandingkan kopi yang hanya 35 persen.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Suatu penelitian yang menganalisis data kesehatan dikumpulkan dari beberapa penelitian berhasil menghubungkan konsumsi kopi dengan penurunan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan penyakit Parkinson. Penelitian ini juga turut memasukkan faktor-faktor yang berpotensi mengganggu, seperti merokok, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan faktor diet yang lain.
Penelitian lain yang dilakukan oleh Fernandez-Elias kepada 12 atlet mengungkapkan bahwa meminum kopi sebelum berlatih berpotensi membakar kalori 15 persen lebih banyak dari yang biasanya. Sayangnya, suatu penelitian terdahulu mengungkapkan konsumsi kopi juga berpotensi meningkatkan kandungan kolesterol di dalam tubuh. (hellosehat.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.