Header Ads

Jalur Mudik Lebaran di OKU Timur Masih Memprihatinkan

Baturaja Radio - Ruas jalur Mudik di Kabupaten OKU Timur hingga H-9 masih memprihatinkan dan membahayakan pengemudi baik roda dua maupun roda empat.
 
Lubang jalanan masih terlihat dimana-mana menganga baik di ruas jalan negara, provinsi, maupun kabupaten. 

Tidak ada perbaikan serius yang dilakukan pemerintah pusat maupun provinsi dalam menangani jalur mudik tersebut.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perbaikan jalan selalu dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Dari pengamatan Jumat (16/6/2017) jalur mudik yang biasa dilalui pemudik di Kabupaten OKU Timur mulai dari perbatasan Martapura dengan Kabupaten OKU dengan melintasi Jalinteng, atau melalui Martapura menuju Kabupaten OKI dengan melalui Jalur Komering.

Selain itu, jalur mudik lainnya juga yang menghubungkan OKU Timur dengan OKU Selatan yakni Martapura-Simpang Martapura. 

Namun seluruh ruas jalur mudik tersebut, baik Jalan Lintas Sumatera, Jalur Komering, Maupun jalur Martapura-Muaradua, semua kondisinya sangat memprihatinkan.

Sedangkan untuk ruas jalan yang berpotensi memiliki kamecetan adalah ruas jalur Martapura-Muaradua tepatnya pasar Simpang Martapura, Martapura-Belitang dan Martapura-OKI di beberapa lokasi ada pasar tumpah yang dapat menyebabkan kemacetan.
"Sedangkan untuk titik rawan longsor bisa dikatakan sepanjang ruas jalur sungai Komering semuanya rawan longsor. Namun sifatnya bukan menimbun jalan, hanya bersifat terbis saja," ungkap Kadishub Junaidi.

Sedangkan untuk lokasi rawan kecelakaan lalu lintas menurut Kapolres OKU Timur semua lokasi berpotensi rawan laka lantas. Untuk mengantisipasinya adalah dengan saling mengingatkan dan meningkatkan kesadaran masing-masing dalam berlalu lintas. 

"Demikian juga dengan tindak kriminalitas. Semuanya rawan tindak kejahatan. Untuk itu jadilah polisi diri sendiri yang akan menjaga diri sendiri dan orang lain," katanya.

Namun kata Irsan, pihaknya sudah memetakan lokasi-lokasi rawan yang akan dijaga oleh anggota Polisi sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara terutama sepeda motor.

Sedangkan untuk Lokasi SPBU yang ada di OKU Timur seperti di ruas Jalinteng SPBU tersedia di Perbatasan Waykanan-Martapura, simpang Pementung Basuki Desa Kotabaru, jalan lingkar Martapura, Kelurahan Sungai Tuha. Untuk di ruas jalan provinsi, SPBU tersedia di Jalan Lintas Provinsi Desa Tanjungaman, Desa Rawa Bening BK 3, Kecamatan Belitang BK 9 dan Kecamatan Belitang Mulya BK 16.

Sementara untuk lokasi puskesmas terdapat di sejumah jalan Lintas Sumatera, Jalan Provinsi Martapura-Simpang Martapura, Martapura, Belitang dan Martapura OKI semuanya memiliki fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun beberapa rumah sakit.
“Pusat kesehatan dan keamanan semuanya sudah disiagakan,” ungkap Kapolres.(tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.