Header Ads

10 Kota Tertua di Indonesia dengan Segala Kisah dan Sejarahnya!

Baturaja Radio - Indonesia adalah salah satu negara dengan begitu banyak kota dan daerah di dalamnya. Indonesia juga negara yang banyak diberkahi kejaiban alam dan budaya. Ya, Indonesia memang negara yang sangat beruntung di Indonesia. Keindahan alam, keanekaragaman satwa, dan banyaknya tempat wisata di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi para wisatawan luar negeri. Bukan hanya itu, kebudayaan Indonesia dari setiap daerahnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Selain wisata dan kebudayaan, sejarah Indonesia pun banyak menarik wisatawan yang ingin mengetahui dan memplelajarinya. 10 Kota Tertua di Indonesia Tak sedikit wisatawan yang menginjakkan kaki di beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah yang kuat. Usia kota-kota di Indonesia juga menjadi salah satu yang dipelajari para wisatawan. Seperti beberpa kota berikut ini yang banyak disinggahi wisatawan asing karena memiliki sejarah yang kuat dan merupakan kota tertua di Indonesia;

1. Palembang
Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Ikon utama dari kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas. Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East atau ‘Venesia dari Timur’ oleh negara-negara barat. Kota ini juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritime terbesar se-Asia Tenggara. Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia

2.Magelang
Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Magelang. Kota Kecil ini memang menawan dan terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun kota ini kecil, namun memiliki sejarah yang sangat kuat dan bernilai tinggi. Kota Magelang terkenal karena menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borrobudur. Magaleng resmi didirikan sebagai kota pada 11 April 907 Masehi. Pada abad ke-18 Inggris pernah memerintah kota Magelang dan dijadikan pusat pemerintahan. Bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang adalah Mas Ngabehi Danurukmo. 

3.Surabaya
Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur yang terletak di tepi pantai utara Jawa. Kota ini berhadapan langsung dengan Selat Madura dan Laut Jawa. Kota Surabaya memiliki luas mencapai 333,063 kilometer persegi dan jumlah penduduknya berjumlah 2,9 juta jiwa. Ulang tahun kota Surabaya sempat mengalami perubahan, dahulu hari jadi kota Pahlawan ini diperingato setiap tanggal 1 April. Tanggal 1 April 1906 dipilih karena bertepatan dengan terbentuknya Pemerintahan Kota Surabaya. Namun, pada tahun 1975 tanggal peringatan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya dirubah menjadi 31 Mei 1923. Sejak saat itulah Ulang Tahun Kota Surabaya ini diperingati setiap tanggal 31 Mei. Seperti yang telah kita tahu, kota Surabaya ini dikenal dengan Kota Pahlawan. Ya, sebutan ini tak lepas dari perjuangan Arek-Arek Surobyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kata Suroboyo atau Surabaya sendiri berasal dari cerita mitos yang beredar di masyarakat tentang pertempuran antara suro/sura (ikan) dan boyo/baya (buaya). Berdasarkan pada cerita tersebut dibuatlah sebuah tugu yang menggambarkan kisah itu dan hingga saat ini tugu tersebut menjadi ikon utama kota Surabaya.

4.Jakarta
Jakarta adalah Ibu Kota negara Indonesia yang dibagi menjadi lima bagian wilayah, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat. Dahulu sebelum menjadi DKI Jakarta, pusat pemerintahan negara Indonesia ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Batavia, dan Jakarta Tokubetsu Shi. Jakarta berdiri dan terbentuk sejak tahun 1942 dengan luas wilayah mencapai 661,52 kilometer persegi. Kota ini juga termasuk ke dalam daftar salah satu kota terpadat di dunia lho, dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 9,6 juta jiwa. Bukan hanya itu, Jakarta juga termasuk ke dalam kota metropolitan terbedar di dunia pada urutan ke-6. 

        5. Semarang
       Mungkin sebagian besar dari Anda tidak menyangka bahwa Semarang termasuk ke dalam kota tertua di Indonesia. Kota ini berdiri sejak 2 Juni 1547 Masehi. Banyak sejarah yang lahir dari kota paling berkembang di pulau Jawa ini. Salah satu sejarah yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesaia adalah kota ini pernah menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho seorang penjajah dari Cina yang sangat legendaris.

     6.  Medan
     Kota tertua di Indonesia berikutnya adalah Kota Medan. Yaps, ibu kota provinsi Sumatera Utara ini kini telah berusia 425 tahun. Medan didirikan pada 1 Juli 1590 oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Kota metropolitan terbesar di Pulau Sumatera ini bagaikan pintu gerbang menuju objek wisata Brastagi. Salah satu tempat wisata yang paling menyita perhatian public adalah Danau Toba dan tempat penangkaran orangutan di Bukit Lawang.

7    7. Salatiga
        Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 750 Masehi. Meskipu kota ini kecil, namun kota ini menyimpan sejarah yang panjang dan kuat karena pernah megalami sebuah peperangan hebat di masa kerajaan. Lahirhnya kota Salatiga ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertera jelas di atas sebuah batu andesit, yang dikenal sebagai Prasasti Plumpungan. Prasasti tersebut berada di Desa Kauman Kidul, Sidorejo. 

        8. Kediri
         Kota Kediri adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 879 Masehi. Kota ini terletak di Porvinsi Jawa Timur dengan luas wilayah mencapai 63,40 kilometer persegi. Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia. Sejarah kerajaan Kediri dan Singasari memang sangat kental dengan kota ini. Berbagai peninggalan kerajaan-kerjaan pun terdapat di Kota Kediri. Selain itu, kota Kediri ini memiliki sebuah bangunan yang mirip dengan Monumen Arc de Triomphe yang ada di paris, 

       9. Makassar
      Kota Makassar didirikan sejak tahun 1607 dan tahun ini berusia 408 tahun. Kota yang dikenal sebagai Ujung Pandang ini merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang Indah, salah satunya Pantai Losari. Kota Makassar sangat identik dengan sebuah kerajaan, yaitu Kerajaan Gowa dan Talo. Sekitar pertengahan abad ke-16, Makassar menjadi pusat perdagangan di Indonesia bagian timur.

       10. Bandung
Satu lagi kota tertua di Indonesia, yaitu kota Bandung. Kota yang September lalu berusia 205 ini memang dikenal sebagai kota yang melahirkan banyak musisi Indonesia. Kota ini didirikan dan dibentuk sejak 25 September 1810, melalui surat keputusan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Berbagai kisah dan sejarah tentang mempertahankan kemerdekaan Indonesia lahir di Kota Kembang ini, diantaranya peristiwa Bandung Lautan Api dan Konferensi Asia-Afrika. Kota Bandung dikenal sebagai Paris Van Java. Bukan hanya itu, tempat wisata di Bandung serta ragam kulinernya pun menggema hingga ke luar negeri. Setiap akhir pekan Bandung berubah menjadi kota metropolitan yang super macet. Itulah ke-10 kota tertua di Indonesia! (kompasiana.com/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.