Slider

GALERI

News

BUDAYA DAN WISATA

KULINER

TIPS

INFO

GALERI

» » DUKUNG ASIAN GAMES DENGAN ZERO ASAP


Baturaja Radio - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menetapkan Status Keadaan Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan melalui Keputusan Gubernur Sumatera Selatan nomor 85/KPTS/BPBD-SS/2017 tanggal 31 Januari 2017. Keputusan tersebut mulai berlaku pada tanggal 31 Januari 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017.

Selanjutnya Gubernur Sumatera Selatan telah memberikan instruksi kepada Bupati/Walikota di Sumatera Selatan melalui Surat Nomor : 522/0227/DLHP/B.III/2017 tanggal 27 Januari 2017 perihal Kewaspadaan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017.

Melalui surat tersebut, Gubernur menginstruksikan kepada Bupati/ Walikota agar segera membentuk Posko Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Posko Dalkarhutla). Selain itu juga memberikan bantuan peralatan kepada masyarakat dalam pembukaan/ pengolahan lahan pertanian secara mekanisasi. Mengawasi dan memberikan peringatan kepada dunia usaha yang bergerak di bidang kehutanan, perkebunan dan pertanian untuk melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta khusus untuk daerah yang wilayahnya memiliki gambut agar terus menggalakkan program pembuatan sekat kanal dan sumur bor.

“Sebentar lagi Sumatera Selatan akan menggelar perhelatan besar, Asian Games di Palembang. Untuk itu kita harus turut serta menyukseskannya, salah satunya dengan Zero Asap. Jangan sampai kejadian Tahun 2015 lalu terulang kembali. Ini menjadi pengalaman buruk bagi kita semua,” kata Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM.

Sementara, Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi SIK MH menegaskan bahwa pelaku pembakaran lahan dan hutan akan ditindak tegas tanpa pandang bulu.

“Pelaku pembakar lahan dan hutan, siapun dia akan kita tindak tegas dan ini sesuai dengan undang-undang No 41 tahun 1999 dengan ancaman penjara 15 tahun dan denda Rp 15 milyar”jelas Kapolres.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati dan FKPD melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan appar yang dilanjutkan dengan Simulasi teknis pemadaman kebakaran hutan dan lahan oleh Manggala Agni Daops Banyuasin.
Apel kesiapsiagaan ini diikuti sebanyak 30 perusahaan, Tagana Banyuasin, TNI, Polri, Unsur ASN Pemkab Banyuasin.(rmolsumsel.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply