Header Ads

Kemenhan Siapkan 50 Ahli IT untuk Badan Siber Nasional

Baturaja Radio - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyiapkan 50 orang ahli IT untuk Badan Siber Nasional. Mereka dilatih untuk menangkal ancaman siber dari dalam dan luar negeri.

"Kita sudah sekolahkan 50 orang ahli IT. Kita latih dia bela negara 6 bulan karena dia akan pegang rahasia negara, jadi bela negara yang kuat," ujar Menhan Ryamizard Ryacudu kepada wartawan di Kantor Kemenhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2017).'

Rencananya akan ada tambahan 50 ahli IT yang dididik Kemenhan untuk membantu Badan Siber Nasional bentukan pemerintah. Badan Siber Nasional ini akan dibawah tanggung jawab Kemenko Polhukam.

"Pelatihan di tempat badan cyber kita, belum tahu kalian? Itu paling bagus, yang kita punya ini paling bagus," imbuh Ryamizard.

Dia menegaskan Badan Siber Nasional tidak akan tumpang tindih dengan tugas yang berada di Kemenkominfo. Koordinasi lintas kementerian akan dilakukan secara intensif.

"Pasti kerja sama lah, BCN mengkoordinasi. Cybernya tetap masing-masing, tetap profesional," imbuh Ryamizard.

Rencana pembentukan Badan Siber Nasional sebelumnya disampaikan Menko Polhukam Wiranto. Badan ini dibentuk karena Indonesia menjadi negara yang gampang terserang kejahatan siber berdasarkan sebuah penelitian pakar siber internasional.

"Kalau tak dilawan, ini akan merusak berbagai sistem, di mana sistem hi-tech sudah banyak digunakan di kehidupan kita. E-commerce menggunakan, kemudian person to person juga," kata Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Jl Ir H Djuanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/1). (detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.