Header Ads

Gempa Bumi Guncang Poso

Baturaja Radio - Gempa bumi berkekuatan 4,5 pada skala Ricther (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada hari ini, Senin (12/12) sekitar pukul 08.46 Wita. Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Palu Petrus Demon Silli membernarkan adanya gempa bumi yang mengguncang daerah yang terletak sekitar 280 kilometer dari Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng itu.
 
Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa 4,5 SR tersebut dengan episentrum terletak pada koordinat 1.53 Lintang Selatan dan 120.95 Bujur Timur pada kedalaman 8 kilometer.

Peta tingkat guncangan, BMKG menunjukan bahwa dampak gempa berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Poso dan Kolonodale dalam skala II SIG (III-IV MMI).

Petrus mengatakan gempa bumi dirasakan banyak warga, baik di Poso dan Kolonodale. Mereka berhamburan ke luar rumah karena takut tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD (Badan Penanggulangan Benana Daerah) Kabupaten Poso dan Morowali Utara, serta BMKG Sulteng.

Khusus masyarakat di daerah pesisir diminta tidak terpancing isu karena gempa bumi yang baru saja terjadi itu, tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, katanya, gempa bumi itu merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Petrus juga mengatakan di wilayah Sulawesi Tengah setiap bulan rata-rata diguncang gempa bumi 150 kali. Sesar Palu Koro yang terletak di Sulawesi Tengah merupakan zona patahan aktif yang memiliki potensi kegempaan relatif tinggi. (Republika)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.