Header Ads

Kemenkes Siapkan 53 Ambulans Saat Aksi Damai 2 Desember di Jakarta

Baturaja Radio - Kementerian Kesehatan akan bersiaga saat aksi 2 Desember besok. Menkes Nila F Moeloek menyebut jajarannya telah menyiapkan pelayanan medis di titik-titik aksi damai 2 Desember di Jakarta.

"Kami siapkan 53 ambulans di 31 titik. Ada 1 dokter dan 2 perawat di setiap ambulans. Rumah sakit di seluruh Jakarta juga standby. Itu sudah diatur oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Kita juga bikin grup untuk mempermudah koordinasi," ucap Nila di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Nila mengatakan pihaknya akan bersiaga jika ada kejadian di luar dugaan.

"Antisipasi menghadapi 2 Desember lebih pada pelayanan medis. Kalau tidak siap dan terjadi sesuatu, akan berantakan nanti," jelas dia.

Ambulans-ambulans itu akan ditempatkan di beberapa titik yang disertai 1 dokter dan 2 perawat. Nantinya Dinkes DKI yang akan mengatur sebaran ambulans.

"Rakorsus ini untuk antisipasi tanggal 2 Desember. Jadi tadi dapat koordinasi soal aksi unjuk rasa 2 Desember. Kemenkes tentu harus siap dalam membantu mereka dalam artian ambulans, tenaga kesehatan, rumah sakit," ucap Nila.

Untuk mempermudah komunikasi, Menkes meminta kepada Menkominfo Rudiantara untuk menyiapkan jaringan telekomunikasi agar berjalan dengan baik saat aksi berlangsung.

"Dari sisi telekomunikasi juga, kami juga minta jaringan disiapkan agar kami mudah berkomunikasi," pungkas Nila.

Sedangkan Menag Lukman Hakim Saifuddin mengatakan koordinasi diperlukan agar kementerian terkait mendapatkan informasi yang sama.

"Intinya adalah koordinasi menghadapi persiapan nanti itu supaya masing-masing kita mendapat informasi yang sama dan bisa melakukan koordinasi untuk hal-hal yang ingin antisipasi yang bisa dilakukan bersama," ucap Lukman di lokasi yang sama.(detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.