Banner

Banner
Pemkab OKU

Daerah-daerah Ini Belum Bisa Nikmati Elpiji 3 Kg

Baturaja Radio - Kementerian ESDM sejak beberapa tahun terakhir mulai menggalakkan program konversi minyak tanah ke gas Elpiji 3 kilogram (kg). Program ini dilakukan dengan membagikan paket perdana Elpiji 3 kg kepada jutaan rumah tangga di seluruh Indonesia.

Namun, masih terdapat beberapa daerah yang belum bisa menikmati Elpiji 3 kg untuk kebutuhan memasak. Beberapa daerah tersebut tersebar di beberapa pulau mulai dari Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua.

"Wilayah Indonesia yang belum melaksanakan konversi minyak tanah ke Elpiji 3 kg yaitu Bangka Belitung, Anambas, dan Natuna. Lalu Maluku Utara, NTB, Bima, NTT, Papua, Sulawesi Utara, Nias," jelas Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmadja di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Belum dilakukannya konversi Elpiji 3 kg di daerah-daerah tersebut karena masih terbatasnya sarana dan prasarana penunjang. Sehingga pendistribusian paket perdana Elpiji 3 kg ditunda sampai terbangunnya sarana dan prasarana tersebut.

"Konversi belum dapat dilaksanakan, karena pertama belum ada kesiapan sarana dan prasarana," kata Wiratmadja.

Selain itu, sulitnya akses daerah-daerah tersebut ke pangkalan Elpiji masih terbilang jauh. Sehingga ditakutkan konversi minyak tanah ke Elpiji 3 kg tidak bisa dilakukan secara berkesinambungan.

"Kedua, jarak yang jauh antara lokasi dimaksud dengan titik suplai Elpiji terdekat dan medan grafis yang harus ditempuh," ujar Wirat.(http://finance.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.