Banner

Banner
Pemkab OKU

Alex Noerdin Instruksikan BPOM Palembang Razia Jajanan Sekolah

Baturaja Radio - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menginstruksikan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palembang untuk meningkatkan pengawasan terhadap obat dan makanan yang beredar di masyarakat, khususnya menjelang event Internasional Asian Games 2018 di Palembang Provinsi Sumsel.

Menurut Alex Noerdin, salah satu yang harus dilakukan BPOM yakni melakukan razia rutin terhadap makanan atau jajanan yang sering dijual di sekolah-sekolah seringkali mengandung zat berbahaya seperti pewarna tekstil.

"Lakukan razia rutin ke sekolah-sekolah bekerjasama dengan SKPD terkait.Kalau didapati ada penjual yang nakal segera ditindak, dan berikan solusi kepada pihak sekolah untuk membuat kantin sehat," tegas Gubernur Alex Noerdin saat menerima audensi Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palembang Drs Arnold Sianipar, Apt. M. Pharm, di Griya Agung Palembang, Senin (3/10/2016).

Ditambahkan Alex, Pemerintah Provinsi Sumsel siap mendukung apa saja yang diperlukan BPOM untuk melaksanakan hal ini. Seperti fasilitas mobil laboratorium keliling yang digunakan.

"Lakukan juga kerjasama dengan pemerintah kota Palembang agar bisa dilakukan pengawasan dengan razia rutin ke lestoran yang ada di Palembang," pinta Alex.

Sementara Kepala BPOM Palembang Arnold Sianipar mengatakan, selama ini BPOM Palembang terus melakukan kerjasama dengan baik bersama pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kesehatan, dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumsel dalam melakukan pengawasan.

Menurutnya, berbagai kerjasama yang dilakukan baik tentang pengawasan makanan, pengawasan menjelang hari besar keagamaan dengan intesifikasi pangan.

"Termasuk melakukan kerjasama untuk Food Security pada kegiatan kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden di Sumsel," ungkapnya.

Terkait pelaksanaan Asian Games, Arnold Sianipar mengungkapkan, pihaknya siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan event internasional ini melalui arahan langsung Gubernur Alex Noerdin tentang peranan apa saja yang bisa dilakukan BPOM Palembang untuk suksesnya ajang bergengsi ini.

"Seperti peningkatan pengawasan obat dan makanan akan terus kita lakukan, bekerjasama dengan SKPD terkait baik Provinsi maupun Kota Palembang," ujarnya.

Sementara, Audensi Kepala BPOM Palembang beserta jajarannya ini, sehubungan dengan akan mengadakan Rapat Evaluasi Nasional (REN) Tanggal 21-24 November 2016. Drs Arnold Sianipar sendiri baru dua minggu aktif di Palembang sebagai Kepala BPOM Palembang. (http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.