Header Ads

Tolong! Kabut Asap Kian Memburuk di Pekanbaru, Jarak Pandang Sempat 500 M

Baturaja Radio - Kabut asap imbas dari kebakaran hutan dan lahan di Riau kian parah. Jarak pandang pagi hari di Pekanbaru sempat hanya 500 m. Begitupun aktivitas di bandara masih berjalan normal.

Demikian disampaikan, Airport Duty Manager, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Hasturman kepada detikcom, Senin (29/8/2016). Dia menjelaskan, jarak pandang sekitar pukul 05.00 WIB sempat hanya 500 meter. Namun kondisi tersebut tidak bertahan lama.

Selanjutnya, sekitar pukul 05.30 WIB jarak pandang berangsur naik menjadi 800 meter. Pada pukul 07.00 WIB jarak pandang tembus pada 900 m dan pada pukul 07.30 WIB jarak pandang kembali naik di atas 1,5 km.

"Jarak pandang di Bandara SSK II saat pesawat akan landing sudah di atas 1,5 km. Jadi sejauh ini aktivitas masih berjalan normal," kata Hasturman.

"Dan biasanya kalau lagi kabut asap, jarak pandang pagi di bawah normal, namun menjelang matahari muncul berangsur naik," tambahnya.

Sementara itu, sekitar pukul 08.00 WIB sebagian wilayah Pekanbaru diguyur hujan ringan. Suasana mendung yang diselimuti asap memperburuk kualitas udara.

Dari data BMKG yang dirilis, titik panas di Riau kian banyak. Hari ini terpantau titik panas sebanyak 104 dengan level confident 70 persen.

Titik panas itu tersebar di Kabupaten Rohil, 78, Siak 13, Inhu 1, Bengkalis 4, Kampar 4, Dumai 1. Jarak pandang pagi hari di Pekanbaru hanya 800 meter, Kabupaten Inhu 5 km, Dumai 2 km dan Pelalawan 4 km. Saat ini sebagian besar di wilayah Riau terkepung asap. (detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.