Header Ads

Jokowi Kunjungi Lokasi yang Akan Dibangun Destinasi Wisata di Danau Toba

Baturaja Radio - Hari keempat di Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi yang akan dijadikan tujuan wisata ke Danau Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Lokasi yang dituju Jokowi adalah sebuah perbukitan di Dusun Panoguan Solu, Kabupaten Humbang Hasundutan. Kabupaten yang berdiri pada 28 Juli 2003 di ketinggian 330-2.075 meter dpl ini adalah salah satu dari 7 kabupaten yang bersinggungan dengan Danau Toba.

Presiden Jokowi tiba di lokasi ini, Senin (22/8/2016) sekitar pukul 10.25 WIB. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari Balige, Kabupaten Toba Samosir untuk sampai di lokasi.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Kedatangan Jokowi disambut Bupati Dosmar Banjarnahor dan pejabat setempat. Jokowi dan menteri yang hadir lalu berdiri di tepi bukit langsung membincangkan pembangunan berbagai destinasi di lokasi.

"Kita baru melihat alternatif lokasi yang akan kita pakai untuk pengembangan kawasan Danau Toba. Ini salah satunya yang kemarin malam kita rapatkan," ucap Presiden Jokowi kepada wartawan.

Rapat dimaksud digelar pada Sabtu (20/8) malam dihadiri beberapa menteri, Gubernur Sumut dan 7 bupati yang wilayahnya berada di kawasan Danau Toba. Salah satu hasilnya adalah membangun destinasi dekat Danau Toba berupa hotel, taman bunga dan lainnya.

(Baca juga: Iriana Jokowi Ingin Ada Taman Bunga Nusantara Dibangun di Dekat Danau Toba)

Di lokasi yang dikunjungi ini ada lahan seluas 400 hektar yang bisa dikembangkan dan memiliki pemandangan indah berupa pulau-pulau di Danau Toba.

"Bisa dipakai untuk taman bunga, tentu diberi tambahan lain, resort, hotel, tempat meeting, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

"Kalau melihat alam, ke sana danau terlihat sekali. Ada air terjun di bawah, ada situs sejarah Sisimangraja. Kalau menurut saya komplit," lanjut Jokowi.

"Ada pulau kecil cantik sekali," tambahnya lagi.

Menurut Jokowi, lokasi ini akan diuji oleh pakar untuk menentukan kelayakan dan lainnya. Namun alternatif lokasi lain yang bisa dibangun ada di Simalungun. "Bisa saja dikembangkan dua-duanya," kata Jokowi.

"Ini cepet-cepetan, kalau ini kita melihat investasinya berapa, perlu anggaran berapa, dari mana, APBN berapa, investasi berapa," tambah Jokowi.

Kunjungan ke Kabupaten Humbang Hasundutan ini menjadi lokasi terakhir kunjungan kerja Presiden Jokowi selama berada di Sumut sejak Jumat (19/8). Presiden lalu menuju Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara untuk kemudian lepas landas menggunakan pesawat CN-295 TNI AU menuju Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari Bandara Kualanamu, Presiden akan bertolak menuju Jakarta menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dengan menempuh sekira dua jam perjalanan. Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sore hari.
(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.