Header Ads

Menag Cek Persiapan Ibadah Haji di Arab Saudi: Kenyataan Sesuai Harapan

Baturaja Radio - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan peninjauan langsung persiapan ibadah haji di Arab Saudi. Lukman menyebut semua kesiapan termasuk pemondokan sudah sesuai harapan. 

"Kenyataannya yang kita temui di sana sesuai harapan, kita bisa beri jaminan seluruhnya hotel setara bintang 3, catering juga baik. Semua kenyataan sebagaimana harapan," kata Lukman ketika mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Sabtu (2/7/2016). 
 
Lukman menyebut tidak ada penambahan jumlah quota jamaah haji Indonesia tahun ini. "Quota tetap sebagaimana kita tanda tangani bersama Menteri Haji, tahun ini sama dengan tahun lalu sebesar 168.600 orang," papar Lukman. 
 
"Perbedaan dengan tahun lalu terkait petugas, tahun lalu keberadaan petugas dikonsen di sektor, kalau sekarang kita sebar luaskan petugas di pemondokan-pemondokan, di hotel-hotel. Sehingga jamaah bisa lebih dekat dengan petugas, ada pertanyaan bisa temui di hotel masing-masing," imbuhnya. 
 
Petugas, sambung Lukman, nantinya akan bekerja selama 24 jam melayani jamaah haji. Akan ada dua shift petugas yang saling bergantian bertugas selama pelaksanaan rukun Islam kelima itu.
Pemerintah Indonesia juga tetap menyiapkan layanan kesehatan untuk menjamin jamaah haji.
 
"Pada dasarnya pemerintah Saudi bertanggung jawab atas kesehatan semua jamaah.Tapi sebagaimana kelaziman sejak berpuluh tahun yang lalu, Indonesia memang memiliki unit pelayanan kesehatan sendiri. Baik balai pengobatan haji yang ada di Mekkah dan Madinah, juga di Armina. Mengingat banyaknya jamaah kita. Perlu pelayanan khusus," jelas Lukman.(detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.