Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Jamaah An-Nadzir di Gowa Sulsel Salat Idul Fitri Hari Ini

Baturaja Radio - Sekitar 300 anggota jamaah An-Nadzir di Kampung Lette, Kel. Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan, melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah, Selasa (5/7/2016). Jamaah An-Nadzir mulai berpuasa sejak tanggal 6 Juni hingga 4 Juli atau selama 29 hari


Pimpinan kelompok Jamaah An-Nadzir Ustadz Lukman Andi Bakti bertindak selaku Imam Salat Id sekaligus khatib di tanah lapang tepi sawah perkampungan An-Nadzir.


Menurut Ustadz Lukman, Jamaah An-Nadzir menentukan perpindahan bulan Ramadan ke bulan Syawal dengan melakukan peneropongan bulan selama beberapa hari dan pemantauan tanda-tanda alam dengan mengukur tanda pasang air laut tertinggi di Pantai Galesong, Kab. Takalar, Sulsel, dengan pemahaman air pasang laut sebagai efek gravitasi tarik-menarik matahari dan bulan.

Dalam ceramahnya, Ustadz Lukman menyebutkan tujuan berpuasa bagi orang-orang beriman selama Ramadan untuk mencapai ketakwaan.


"Kaum mukmin dituntut menjadikan takwa sebagai tujuan ibadah puasa. Kaum mukmin juga dituntut masuk dalam ke agama Islam secara kaffah dan menjadikan Rasulullah sebagai contoh dalam beribadah dan kehidupan sehari-hari menegakkan sunnahnya," tutur Ustadz Lukman.

Jamaah An-Nadzir di Kab. Gowa ini hidup secara berkelompok sambil bercocok tanam di kawasan persawahan sekitar 30 kilometer dari Makassar. Jamaah prianya identik dengan rambut panjang pirang dan memelihara janggut. Selain itu, mereka jug identik dengan pakaian jubah hitam. Hal ini menurut pemahaman jamaah An-Nadzir adalah merupakan cara menegakkan sunnah Nabi Muhammad. Sedangkan kaum perempuannya menggunakan jilbab panjang dan dipadu dengan cadar untuk menutupi wajahnya.(detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.