Header Ads

Tips Menjaga Tubuh tetap Bugar Saat Berpuasa

Baturaja Radio - Supaya   stamina anda tetap terjaga selama sebulan penuh menunaikan ibadah puasa, maka kali ini akan membahas tentang tips-tips atau kiat-kiat supaya bulan Ramadhan kali ini tidak batal selama 30 hari penuh. Berikut adalah tips-tips yang bisa menjadi bahan pertimbangan agar tubuh kita senantiasa sehat selama berpuasa :


  1. Usahakan mempunyai menu sahur dengan menu yang seimbang
    Jadi jangan gara-gara telat bangun sehabis bergadang semalaman Anda hanya sahur dengan menu seadanya seperti mie instan. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas harian terhambat. Akibatnya bisa ditebak, daya tahan tubuh Anda akan menurun seiring berjalannya waktu.
  2. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat saat sahur
    Dengan banyak mengkonsumsi serat saat sahur, maka dapat mencegah kita cepat lapar. Serat yang ada akan lebih lama tertinggal di dalam lambung dibandingkan dengan gizi yang lain. Hal ini akan membuat perut kita dapat lebih bertahan untuk tidak cepat lapar. Selain itu kadar gula Anda akan tetap terjaga.
  3. Perbanyak makan buah dan sayur
    Selama bulan puasa ini perbanyak makan buah dan sayur, selain mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh tadi, dengan makan buah dan sayur, maka tubuh Anda akan menerima asupan yang seimbang. Jadi selain karbohidrat, lemak yang baik, protein, vitamin, dan mineral, dengan asupan serat maka metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik, yang tentunya akan menunjang stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.
  4. Hindari makan makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh
    Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak yang jahat seperti gorengan, hindari pula makan makanan yang mengandung kolesterol maupun makanan yang mengandung kadar gula yang terlalu tinggi. Kadar gula yang berlebihan akan mengganggu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  5. Minuman yang hangat adalah yang paling baik untuk berbuka puasa
    Jangan mentang-mentang Anda haus setengah mati, Anda tergoda untuk buru-buru menyegarkan kerongkongan Anda dengan minum segelas air dingin atau langsung minum segelas es cendol atau es sirop. Nah, sebaiknya minum dulu minuman hangat, karena kalau kita langsung menenggak segelas minuman dingin, badan kita yang telah seharian berpuasa akan kaget dan metabolisme tubuh akan kacau.
  6. Berbuka puasa secukupnya
    Jangan makan terlalu banyak makanan saat berbuka puasa, walaupun mungkin Anda tergoda untuk melahap semua hidangan yang ada, batasi diri Anda. Selain tak baik untuk tubuh, puasa pada hakikatnya adalah mengontrol diri dari segala nafsu.
  7. Perhatikan kesehatan kulit
    Saat berpuasa, tubuh akan membuat kulit dehidrasi karena terbatasnya asupan air. Untuk menjaga agar kulit tetap terjaga, perhatikan asupan vitamin C dan E. Lingkungan yang penuh polusi, ruangan yang ber-AC juga akan membuat kulit menjadi kering. Jadi perhatikan konsumsi makanan yang bergizi selama bulan puasa. Bagi para ibu rumah tangga, usahakan mengatur menu makanan yang seimbang untuk anggota keluarganya saat sahur dan berbuka.
  8. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa
    Dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.
  9. Khusus penderita diabetes perhatikan asupan jenis makanan, kadar asupan obat dan suntikan insulin.
  10. Bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi merah, atau menggantinya dengan pasta. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).
Semoga tips-tips di atas dapat berguna untuk Anda yang menjalankan ibadah puasa. Menahan diri untuk tidak berbicara sembarangan dan bertindak tanpa memikirkan perasaan orang lain. Dengan kesabaran dan keikhlasan semoga ibadah puasa tahun ini dapat dijalankan dengan baik(http://kulinerbandungku.blogspot.co.id).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.