Header Ads

Hati-Hati Ada Jalan Longsor di Desa Tubohan Semidang Aji OKU



Baturaja Radio - Jalur mudik lebaran di jalan Lintas Tengah dari Kabupaten OKU hingga perbatasan Kabupaten Muaraenim kondisinya sekitar 30 persen rusak parah.

Pantauan di lapangan , kondsi kerusakan meliputi jalan rawan longsor menyebar di beberapa titik seperti di Kelurahan Batukuning Kecamatan Baturaja Barat, di Desa Tubohan dan Gunungmeraksa di Kecamatan Semdangaji.

Untuk jalan longsor di Desa Tubohan, sudah dipasang tanda oleh Satlantas Polres OKU. Namun pengendara tetap diminta waspada, karena jalan longsor ini sudah semakin parah dan jalan mulai terlihat retak-retak dan membentuk rongga.

Sementara  jalan-jalan berlubang terdapat di beberapa titik secara menyebar dari Kecamatan Semidangaji dan Pengandonan.

Kondisi bervariasi, ada yang lebar namun dangkal , sedang dana dalam . Banyak lubang menganga terendam air saat musm hujan sehingga pengendara harus ektra hati-hati, selain jalan dengan lubang menganga juga ada beberapa titik lubang yang sangat dalam dan berbahaya.

Kemudian jalan patah dan dinding tebing di seperti di Pandandulang Kecamatan Kecamatan Semidangaji tetap harus diwaspadai oleh pemudik lebaran. Pada umumnya kondisi lubang jalan di Banjarasi, Padangbindu, panggang Panggal semuanya terlihat lubang menyebar dibeberapa titik.


Terpisah Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Ogan Komering Ulu Ir H Heman MM melalui Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan H Muzaim Aliansyah ST MT yang dikonfirmasi via telepon Selasa (28/6) menjelaskan jalan dari OKU-Muaernim 70 persen dalam kondisi sedang.


Tim dari Balai III Dinas PU Bina Marga Sumsel terus melakukan perbaikan rutin semua jalan yang akan dilewati pemudik. Khusus untuk lubang lubang yang diminimalisir dan pertahankan supaya bisa dilewati pemudik. Ada tiga Tim yang rutin melakukan penutupan lubang lubang dijalan ada yang dari Martapura, dari Prabumulih dan dari Arah Muara Enim.

”Ditargetkan H-5 Idul Fitri jalan berlubang sudah rapi dan pemudik sudah bisa lebih nyaman lagi,” terang Kabid Pemeliharan Jalan dan Jembatan.
Menurut Muzaim, perbaikan jalan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H sudah mulai masuk wilayah Kabupaten OKU. ‘ Inshaa Allah sebelum H-5 semua jalan berlubang sudah rapi,” kata Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan.

Menurut informasi, beberapa titik jalan berlubang seperti di Desa Pandandulang sudah mulai ditambal.
Sementara untuk jalan longsor di Desa Banuayu Kecamatan Baturaja Barat yang akan dilewati pemudik dari arah Palembang kondisi longsornya sudah parah dan dipastikan belum bisa diperbaiki menjelang lebaran.
Pengendara yang akan berlalu lalang di jalur ini agar waspada, sebab di jalan longsor ini sangat berbahaya jangan sampai kendaraan terjun bebas kedalam aliran Sungai Ogan.

Perbaikan jalan pada prinsipnya hanya bersifat meminimalisir dan mempertahankan fungsi jalan agar bisa dilewati pemudik. Sedangkan untuk beberapa titik jalan yang kerusakannya sudah parah seperti rawan longsor hanya dipertahankan saja karena belum ada pembiayaan.

Namun jalan nasional yang masuk dalam tanggap darurat ini diprioritaskan untuk perbaikan dan masih menunggu pembiayaan, Namun dipastikan bisa dilakukan perbaikan sebelum hari Raya Idul Fitri karena butuh dana besar masuk tanggap darurat. (Tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.