Header Ads

Tips Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

Baturaja Radio - Banyak orang yang gemar menanam sayuran, karena hasilnya pun segar dan berkualitas sekaligus baik untuk kesehatan. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk menghabiskan waktu di udara segar dan sinar matahari. Jika Anda hanya memiliki taman kecil yang bisa ditanami, masih ada strategi yang dapat digunakan untuk menanam beberapa tanaman sayuran. Menanam sayuran di kebun kecil dengan merencanakan lokasi anda, menggunakan teknik yang menghemat ruang dan memanfaatkan pot, wadah dan sumber daya lain yang akan meningkatkan hasil panen anda.
 
LANGKAH PERTAMA: PERKIRAKAN LUAS LOKASI TAMAN ANDA
1. Pastikan Lokasi yang Anda Pilih mendapat Sinar Matahari Setidaknya 6 jam

2. Persiapkan Tanah Anda
Anda harus menanam sayuran di taman yang memiliki kedalaman tanah minimal 6 sampai 8 inci (15 sampai 20 cm).


3. Tentukan Jenis Sayuran yang akan Ditanam
Jenis sayuran terbaik untuk ruang kecil diantaranya mentimun, selada, terung, wortel, paprika, tomat, kacang-kacangan, bayam, labu dan rempah-rempah.


4. Buat Catatan Rencana untuk Kebun Anda
Sebuah diagram sederhana dengan daerah berlabel untuk setiap tanaman akan membantu anda menentukan berapa banyak tanaman atau paket benih yang akan dibeli.


 LANGKAH KEDUA: TEKNIK UNTUK MENGHEMAT RUANG

1. Gunakan Ruang Vertikal
Sertakan teralis atau pagar di halaman Anda sehingga tanaman dapat tumbuh. Kacang, mentimun, tomat dan labu tumbuh dengan baik dengan cara ini.


2. Carilah Jenis yang Hemat Ruang
Ini bisa memberikan ruang yang lebih sedikit daripada jenis sayuran lainnya, sehingga bisa menghemat ruang yang ada seperti: mentimun acar dan mentimun salad


3. Tanam Secara Melebar untuk Sayuran yang Berdaun Lebar
Sayuran seperti bayam dan selada cocok untuk diterapkan formasi melebar. Tebarkan benih sepanjang 20-30cm. Hal ini akan mendorong sayuran untuk tumbuh di mana pun mereka ditanam dan daun-daunnya akan mencegah pertumbuhan gulma di kebun Anda.


4. Coba secara Bergiliran 2 atau lebih Jenis Sayuran pada Satu Daerah
Misalnya, lobak dan wortel dapat ditanam bersama-sama di tempat yang sama karena lobak akan siap panen lebih cepat dari wortel.


5. Tanam Secara KontinuIni adalah metode yang mengharuskan anda untuk menanam tanaman baru segera setelah satu tanaman dipanen. Sebagai contoh, ketika anda panen tanaman awal bayam atau selada, segera menanam kacang-kacangan atau lobak.

6. Gunakan Metode Kaki Persegi
Alih-alih menanam baris, menandai kotak ruang di kebun Anda tumbuh satu sayuran tertentu. Ini akan memberi Anda satu bagian untuk tomat, persegi untuk mentimun, dll


7. Gunakan Pot untuk Menanam Sayuran
Jika anda kehabisan ruang di kebun Anda, gunakan wadah yang bervariasi dan kokoh untuk menanam benih dan tanaman. Anda bahkan dapat menggabungkan beberapa tanaman dalam satu pot jika anda memiliki wadah yang cukup besar.

(taniorganik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.