Header Ads

Menhub Jonan Perkirakan Ada 18 Juta Pemudik Jelang Lebaran

Baturaja Radio - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memperkirakan ada 18 juta pemudik yang akan melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya jelang lebaran. Angka tersebut terbagi atas beberapa moda transportasi, yang 8 juta di antaranya menggunakan kendaraan pribadi karena moda transportasi umum belum mampu penampung keseluruhan pemudik.

"Mudik itu kan 17 juta sampai 18 juta perkiraan kami, itu total. Kalau yang menggunakan kendaraan pribadi perkiraan kami sekitar 7 sampai 8 juta. Kalau itu misalnya semua naik angkutan umum, saya kira yang sekarang enggak cukup," jelas Jonan setelah rapat dengan Komisi V di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Usaha pemerintah untuk menjaga keselamatan masyarakat dengan menyediakan mudik gratis bagi pengendara motor juga terus dilakukan. Namun transportasi umum hanya mampu menampung sekitar 3 juta pemudik dan itu pun tidak dapat menampung dalam waktu yang bersamaan.

"Kalau misalnya motor 5 juta, kalau motor itu naik bus dan kereta semua, sepanjang tidak di hari yang bersamaan, mestinya lebih kurang separuhnya tertampung. Mungkin 2,5 juta sampai 3 juta tertampung. Asal jangan di hari yang bersamaan. Kalau hari bersamaan, jalan aja nggak cukup," terang Jonan.

Begitu juga dengan transportasi kereta yang mampu menampung jumlah yang banyak. Perjalanan kereta sebanyak apapun tidak akan mampu menampung jumlah pemudik dalam waktu sehari saja.

"Kereta mau ditambah berapapun, kalau hari bersamaan itu nggak bakal bisa. Bikin grafik perjalanan kereta api aja nggak bisa pasti, berbahaya sekali," tutup Jonan.(http://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.