Header Ads

Ahli Astronomi Planetarium Sebut Posisi Hilal Sudah Cukup Tinggi

Baturaja Radio - Sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1437 H diawali dengan pemaparan peneliti dan ahli astronomi dari Planetarium. Peneliti bernama Cecep Nurwendaya tersebut mengatakan posisi hilal sekitar pukul 17.30 WIB sudah cukup tinggi.

"Wilayah Indonesia ketinggiannya cukup maksimal. Pengamatan sejauh ini sudah cukup tinggi," kata Cecep di lokasi sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016).

"Newmoon (bulan baru), sudah ada tadi pagi jam 10. Kita tidak meragukan lagi. Seluruh wilayah Indonesia sudah mengalami ijtima, nanti malam sudah pasti ada hilal," jelasnya.

Pemaparan baru selesai dilakukan pada pukul 18.00 WIB. Rencananya hasil sidang akan disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin usai ibadah salat Maghrib.

Selain Menag, sidang isbat juga dihadiri oleh sejumlah tokoh lainnya. Antara lain Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Sementara itu dari Nahdatul Ulama (NU) diwakili oleh beberapa pengurus antara lain Zaki Mubarak, Zulfan Sofwa, dan Rozali Masruli.( news.detik )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.