Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

8 Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Baturaja Radio - Bukan rahasia umum lagi bahwa dilemma yang dihadapi oleh sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia adalah selain mendapatkan fitur yang mumpuni, akan tetapi mereka harus menerima kenyataan bahwa smartphone yang mereka miliki tidak dapat bertahan lama dalam hal baterai.
Smartphone mengonsumsi baterai dengan sangat rakus sehingga pemakaian si smartphone pun tidak dapat bertahan lama. Kamu ingin tahu tips dan trik untuk tetap menjaga baterai smartphone tidak cepat habis? Ikut poin-poin berikut ya
  
1. Jaga Brightness Smartphone Kamu Tetap Rendah 
Mungkin memang sudah banyak yang tahu ya bahwa dengan mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan oleh layar smartphone, maka kamu juga mengurangi pemakaian baterai secara signifikan. Sebagai informasi, bagian layar merupakan komponen smartphone yang mengonsumsi baterai terbesar dibandingkan dengan komponen lainnya.

 2. Putuskan Koneksi GPS, Bluetooth, WiFi, dan Koneksi Lainnya yang Tidak Digunakan
 Apabila kamu tidak berada di tengah perjalanan, maka mematikan fitur GPS merupakan pilihan yang tepat, dan apabila kamu juga tidak menggunakan Bluetooth serta fitur lainnya, maka mematikannya juga merupakan tindakan yang dapat menambah umur baterai. Fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, dan WiFi merupakan fitur yang akan selalu mencari sinyal dan device yang ada sehingga cukup menambah beban dari baterai kamu.

3. Gunakan Fitur Sync dengan Tepat

Fitur Sync di Android tidak harus selamanya dinyalakan, karena itu merupakan fitur yang kami kira tidak membutuhkan aktivitas yang rutin. Nyalakan Sync hanya disaat kamu sedang men-charge saja ya untuk tetap menjaga bateraimu awet.

 4. Gunakan WiFi Dibandingkan Paket Data

Menggunakan WiFi akan mengurangi pusingmu terhadap cepatnya baterai berkurang, karena dengan menggunakan WiFi, maka aktivitas pencarian sinyal internet yang dilakukan oleh smartphonemu juga akan dimatikan secara otomatis sehingga baterai tetap awet.

 5. Kunci Smartphonemu Ketika Tidak Digunakan

Selain mematikan layar, mengunci smartphonemu juga membuat sistemnya berada dalam kondisi Sleep sehingga konsumsi baterai yang digunakan pun lebih sedikit. Tapi kamu harus perhatikan juga dengan aplikasi yang menggunakan fasilitas Wakelock, karena dapat menguras bateraimu walaupun saat keadaan Sleep sekalipun. Untuk lebih mengenal apa itu Wakelock,

6. Selalu Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Setelah menggunakan suatu aplikasi, jangan lupa untuk mematikannya ya agar menghindari konsumsi data yang berlebihan dan menghemat bateraimu.

7. Jaga Smartphonemu Dari Suhu yang Ekstrim 

Baterai smartphonemu tidak akan bertahan secara optimal apabila berada di suhu lingkungan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Maka dari itu tetap pertahankan smartphone-mu di lingkungan dengan suhu ruangan ya.

8. Power Bank si Penyelamat 

Ini sih solusi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smatphone saat ini. Ya, Power Bank. Kalau smartphone habis baterai di tengah jalan, tinggal colok ke Power Bank deh.(https://jalantikus.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.