Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tak Hanya Terdesak, Kelompok Santoso Juga Tak Banyak Punya Simpatisan

Baturaja Radio- Kelompok Santoso kian melemah. Santoso kini hanya diikuti oleh 28 orang dan terkepung di salah satu hutan lebat di Pegunungan Biru, Poso, Sulawesi Tengah. Tim Satuan Tugas Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI tengah memutus pergerakan dan jalur komunikasi antara kelompok Santoso dengan para simpatisannya.

Tak hanya terdesak, kelompok Santoso saat ini juga tak banyak menuai simpati dari warga Poso. Simpatisannya hanya berjumlah puluhan orang. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Tito Karnavian menyebut saat ini jumlah simpatisan Santoso yang berada di luar hutan di bawah Pegunungan Biru tinggal puluhan saja.

"Saya enggak bisa sebut angkanya, tapi saya kira puluhan," kata Tito di sela rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Para simpatisan itu umumnya adalah mereka yang pernah menganggap Santoso sebagai 'pahlawan' saat terjadi konflik di Poso pada 2005. "Karena dulunya di daerah konflik dan salah satu pahlawan konflik. Otomatis yang dukung dia, simpatisan-simpatisan dia (Santoso) ada," kata Tito.

BNPT, kata Tito, akan melakukan pendekatan dengan warga di Poso yang diduga menjadi simpatisan kelompok Santoso. Pendekatan akan dilakukan melalui pemangku kepentingan di Poso dan pemerintah pusat serta pemerintah daerah.

"Konflik sudah selesai, mari kita bangun. Pendekatan melalui stakeholders terkait, pemerintah pusat dan daerah bagaimana mempercepat pembangunan di sana. Agar masyarakat trauma ini bekerja dan melupakan konflik yang lalu," kata Tito
.(news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.