Header Ads

Ini nih handphone pertama


Baturaja Radio- Pernah melihat seperti apa handphone yang pertama kali dibuat di dunia? Jelas jangan bandingkan handphone pertama ini dengan Handphone generasi sekarang yang serba canggih, tipis ukurannya, tidak berat, dan mampu melakukan banyak fungsi.
Handphone pertama di dunia dibuat oleh Dr Martin Cooper dari Motorola pada 1973. Hp pertama ini beratnya mencapai sekitar 1 kilogram dan hanya memiliki waktu bicara selama 35 menit, serta baterainya hanya mampu bertahan selama 20 menit. Yang lebih fantastis, biaya produksinya menelan dana sampai 1 juta US dollar sesuai nilai uang saat ini.
Handphone pertama di dunia ini berhasil diperkenalkan ke public pada 3 April 1973. Melalui sebuah demo yang dilakukan di New York, Cooper menelepon dengan menggunakan handphone pertama di dunia dan berhasil. Sejak itu, dia dikenal sebagai penemu Handphone pertama di dunia.
Handphone pertama ini kemudian mulai diproduksi oleh Motorola sejak tahun 1983 sampai 1994 dan diberi nama Dyna TAC. Handphone pertama yang dijual massal ini sudah lebih mending daripada sebelumnya. Karena sudah memilki waktu standby sampai 8 jam meski juga hanya mampu memiliki waktu bicara selama 30 menit. Beratnya juga sudah tidak sampai satu kilogram, tapi hanya 790 gram dengan tinggi sekitar 25 cm. Waktu itu harga jualnya sekitar 4.000 US dollar atau jika disesuaikan dengan nilai uang saat ini sekitar 8.700 US dollar. Kalau dirupiahkan dengan nilai kurs dollar Rp 9 ribu saja, harganya bisa mencapai Rp 78 juta. Fantastis bukan?
DynaTAC sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Adaptive Total Area Covrage. Handphone komersial pertama di dunia ini kemudian digantikan oleh seri berikutnya Motorola MicroTAC yang keluar pada tahun 1989. Handphone tersebut kemudian digantikan lagi oleh seri Motorola StarTAC.
Sekilas mengenai sang penemu handphone pertama Martin Coooper , dia adalah warga negara Amerika Serikat yang merupakan keturunan imigran Ukraina. Mantan wakil presiden Motorola yang lahir pada 26 Desember 1928 ini menjabat manajer divisi Motorola di tahun 1970-an. Saat itulah dia memimpin tim yang bertugas membuat handphone pertama di dunia ini. (http://www.plimbi.com/news/5073/handphone-pertama)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.