Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

8 Tips Cegah Penyakit

Baturaja Radio - Daya tahan tubuh yang baik merupakan kunci pencegahan penyakit yang paling utama. Tak perlu beli suplemen multivitamin mahal, hidup sehat juga bisa didapat dengan tips-tips sederhana, lho. Apa saja misalnya?

Dilansir Times of India, Selasa (18/2/2014), berikut 8 tips jauhkan diri dari penyakit yang bisa Anda coba:

1. Tidur siang

Dokter mengatakan bahwa waktu tidur siang yang ideal adalah pukul 1 siang hingga pukul 3 sore, sebab pada waktu itulah tubuh paling membutuhkan istirahat. Sementara itu, jumlah dan efektivitas sel imun dalam melawan penyakit akan meningkat seiring banyaknya waktu tidur yang Anda lakukan. Sebaliknya, kurang tidur memicu munculnya kalsium di arteri jantung, membatasi produksi hormon pertumbuhan manusia, dan membatasi kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

2. Kurangi minum minuman beralkohol

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh The National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, orang yang membatasi konsumsi minuman beralkohol lebih jarang dirawat di rumah sakit.

3. Konsumsi Yogurt

Probiotik atau bakteri baik yang ada di dalam yoghurt memiliki efek positif terhadap kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, keberadaan zat ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanlah setidaknya satu porsi yoghurt setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Makan dalam porsi lebih sedikit


Makan dalam porsi lebih sedikit dari biasanya dapat membantu mengurangi kolesterol, tingkat trigliserida dan tekanan darah secara keseluruhan. Anda tak perlu sampai kelaparan saat melakukannya, ya. Untuk menghindari kekurangan vitamin, pastikan makanan yang dikonsumsi padat gizi dan cukup protein. Yang penting, jangan lupa untuk makan buah-buahan dan sayuran segar.

5. Yoga

Latihan pernapasan dengan yoga membantu memperkuat dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan efektif menghancurkan mikroba penyebab penyakit. Oleh sebab itu, mempraktikkan yoga secara teratur disebutkan dapat membalikkan beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan gula.

6. Perkuat hubungan persahabatan


Jangan anggap sepele pentingnya memiliki sahabat. Orang-orang yang memiliki sistem dukungan sosial yang kuat memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan cenderung jarang mengalami penyakit inflamasi. Sebaliknya, tidak memiliki dukungan sosial yang kuat dapat meningkatkan risiko serangan jantung awal sekitar 50 persen

7. Perbanyak asupan bawang putih

Konsumsi bawang putih dalam bahan makanan dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol, serta membantu tubuh 'bertempur' melawan infeksi. Baru-baru ini, sebuah studi menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi bawang putih akan mengurangi risikonya untuk terkena penyakit. Meski begitu, sebaiknya hindari konsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen, ya.

8. Mandi dengan air dingin


Meskipun mandi dengan air hangat dapat memberi efek rileks, penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin juga bermanfaat. Kebiasaan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meremajakan kulit tubuh.
Sumber : health.detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.