Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kolak pisang kolang kaling

 



Baturaja Radio.com - Salah satu takjil berbuka puasa ini nggak hanya makanan berat saja, namun juga bisa minuman yang menyegarkan. Sajian takjil yang paling favorit yakni kolak yang memiliki rasa manis.

Umumnya di bulan puasa ini, banyak penjual dadakan di pinggir jalan yang menjajakan hidangan takjil. Mulai dari es kelapa, es pisang ijo, sup buah, kopyor, es oyen tersaji lengkap bagi orang-orang yang mencari hidangan berbuka puasa.Memang setelah seharian menahan haus dan kering di tenggorokan, menjadikan takjil seperti es yang segar dan manis paling cocok untuk disantap pertama kali berbuka. Selain itu makanan berbuka dengan cita rasa manis juga jadi sajian yang selalu ditunggu-tunggu dan dinantikan saat momen buka puasa Ramadhan.

Selain segar, kamu bisa loh menunggu waktu maghrib dengan membuat menu takjil buka puasa Ramadhan di rumah. Lebih hemat dan kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu.Dengan membuatnya sendiri kamu juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang menyehatkan dan tentunya ramah di kantong.Yuk langsung aja intip resep-resep takjil di bawah ini. Berikut 40 resep takjil buka puasa Ramadhan yang BrilioFoodhimpun dari berbagai sumber, Rabu (20/12). Takjil yang segar, sehat, dan mudah dibuat.

Bahan:

- 2 buah pisang tanduk

- 250 gr kolang kaling

- 150 gr gula merah, sisir

- 50 gr gula pasir

- 2 lembar daun pandan

- 1/2 sdt garam

- 65 ml santan instan

- 1 liter air

- 1/2 sdt vanila essence atau vanili

- 1 sdm maizena, larutkan dengan 5 sdm air


Cara membuat:

1. Didihkan air. Tambahkan gula merah. Masak sampai gula larut. Lalu saring. Didihkan kembali.

2. Tambahkan kolang kaling, daun pandan, dan gula pasir. Sambil menunggu kuah mendidih kembali, potong-potong pisangnya (potong pisang harus dadakan biar pisang tidak menghitam).

3. Setelah mendidih, tambahkan potongan pisang.

4. Setelah berbuih, buang buih-buihnya.

5. Setelah pisang setengah matang, tambahkan santan (santan instan tidak boleh dimasak terlalu lama, jadi tuang di bagian akhir). Aduk merata. Tambahkan garam dan vanila essence. Aduk kembali.

6. Untuk mengentalkan, tambahkan larutan maizena. Aduk merata. Matikan api. Sajikan.


https://www.briliofood.net/resep/30-resep-takjil-buka-puasa-ramadhan-segar-sehat-mudah-dibuat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.