Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

BMKG Sumsel Himbau Warga Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sumsel Hingga Sepekan ke Depan


Baturajaradio.com --
Stasiun  Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang memprediksi di Sumsel bakal ada potensi cuaca ekstrim sepekan ke depan sehingga masyarakat harus lebih waspada.



Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Siswanto MSi mengatakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.


Kondisi ini dipicu oleh aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer, antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, yang dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut dalam sepekan ke depan.


Selain itu faktor Labilitas atmosfer pada skala lokal yang terpantau masih cukup kuat juga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan. 


Beberapa wilayah yang perlu diwaspadai adalah wilayah Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Lahat, Empat Lawang, Oku Selatan, Pagar Alam, Muara Enim, Oku dan Ogan Ilir.


"Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Kondisi ini berlangsung sebagian wilayah Sumatera Selatan hingga 21 April 2024," ujarnya, Selasa (16/4/2024).


BMKG menghimbau kepada pemudik yang akan kembali ke perantauan agar meningkatkan kewaspadaannya dan senantiasa berhati-hati. Ikuti arahan dan imbauan pemerintah.


Kepada masyarakat yang beraktifitas dan bertempat tinggal di daerah dengan kemiringan lereng curam atau bergunung atau tebing yang ditopang oleh formasi batuan tidak kompak atau material debris atau lumpur bercampur air untuk waspada potensi rawan longsor dan banjir, sehingga masyarakat agar tetap waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan cuaca ekstrem. 


Hal lain yang perlu diwaspadai adalah fenomena Antecedent Precipitation, yaitu terjadinya curah hujan yang turun beberapa hari sebelumnya dengan kemungkinan dapat memperparah dampak cuaca ekstrem, karena posisi pori pori tanah sudah jenuh air, sehingga ketika hujan turun lagi akan menjadi air limpasan di permukaan tanah dan memicu banjir bandang serta longsoran.


Kewaspadaan masyarakat dapat dilakukan dengan cara mendapatkan update informasi cuaca yang lebih akurat dan informasi perubahan cuaca setiap saat dengan resolusi yang lebih tinggi di skala kecamatan, melalui aplikasi InfoBMKG, atau media sosial info cuaca sumsel.


"Khusus kota Palembang sekitarnya perlu diwaspadai adanya banjir genangan di wilayah perkotaan, maupun genangan yang ada pemukiman di sekitaran bantaran sungai Musi," tutup Siswanto.



Sumber Artikel :: https://palembang.tribunnews.com/2024/04/16/bmkg-sumsel-himbau-warga-waspada-potensi-cuaca-ekstrem-di-sumsel-hingga-sepekan-ke-depan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.