Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

3 Resep Minuman Sehat untuk Menjaga Imun Tubuh

 




Baturaja Radio.com - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Peribahasa tersebut sangat pas rasanya untuk kondisi sekarang ini, di mana beragam penyakit datang silih berganti. Penyakit akan cenderung mudah menular, apalagi jika kita tidak punya sistem imun yang baik. Selain rajin mencuci tangan, kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi minuman sehat.

Tak perlu jauh-jauh, kita bisa memanfaatkan bahan makanan di dapur. Rempah seperti jahe dan kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa membantu melawan radikal bebas. Kelebihan Indonesia adalah kekayaan rempah dan rimpang yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal harian. Tidak hanya untuk pemulihan, rempah-rempah ini juga akan membantu menyehatkan badan setiap harinya.

Selain diaplikasikan dalam menu makanan, rempah-rempah ini juga bisa menjadi elemen penting dalam beragam menu minuman tradisional. Sudah dikenal sejak lama kalau Indonesia juga punya macam-macam ramuan sehat yang biasa ditawarkan oleh para “mbok jamu” keliling. Dari beras kencur hingga jahe. Seperti dokter, biasanya kita menanyakan nasihat mereka soal kondisi kesehatan kita. Tak lama jamu disiapkan dan tersaji hangat. Wah, rasanya badan menjadi lebih segar!

Kali ini kamu bisa juga kok membuat beberapa racikan minuman sehat di rumah. Yuk, simak apa saja resepnya berikut ini!


1. Wedang Jahe, meningkatkan daya tahan tubuh

Sudah bukan kabar baru jika jahe sering digunakan untuk menangkal beragam keluhan, seperti masuk angin hingga rematik. Sementara kunyit mengandung kurkumin yang juga bisa membantu tubuh melawan bakteri jahat.

Racikan jahe dan kunyit sudah lama dipercaya sebagai racikan obat herbal dari nenek moyang dan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Cara membuat minuman sehat ini sebenarnya sederhana. Berikut adalah resepnya.

Bahan: 

2 ruas jahe, 3 cm kunyit, 1 batang serai, 2 sdm madu (atau lebih, jika ingin lebih manis), 300 ml air

Cara Membuat


1.    Geprek jahe dan batang serai. Kemudian iris-iris kunyit.
2.    Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, dan kunyit. Diamkan selama 10 menit.
3.    Matikan api, masukkan madu dan aduk.
4.    Tuangkan ke dalam cangkir, minum selagi hangat.

2. Teh Lemon Madu, minuman sehat menyegarkan


Selain jahe, lemon juga punya berfungsi sebagai anti inflamasi. Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh. Lemon juga mengandung saponin yang berfungsi melawan mikroba.


Memadukan lemon dan madu tak hanya berfungsi membuat rasanya lebih enak. Madu berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Berikut adalah cara mudah membuat racikan minuman sehat dari madu dan lemon.


Bahan: 250 ml air hangat, 1 sdm perasan lemon, 1 kantung teh hijau 1, sdm madu (atau lebih jika ingin lebih manis)


Cara Membuat:

1.    Siapkan gelas berisi air hangat. Masukkan teh hijau.
2.    Tuangkan perasan lemon dan madu, aduk hingga tercampur rata.
3.    Minum selagi hangat.

3. Green Smoothie, sehat dan kekinian

Untukmu penyuka smoothie, kamu bisa membuat jus sayur yang terdiri dari bayam dan nanas. Bayam mengandung klorofil yang dipercaya dapat mencegah kanker. Vitamin K pada bayam juga dapat menguatkan tulang.

Nanas juga mengandung anti inflamasi, enzim, vitamin, dan mineral yang mendukung kekebalan tubuh. Dalam riset yang dikeluarkan International Journal of Experimental and Clinical Pathophysiology and Drug Research di Jerman tahun 2004, anak kecil yang punya penyakit sinus berkurang gejalanya setelah mengonsumsi bromalin secara tertarur. Kandungan bromalin ini juga ditemukan pada nanas.

Rasa manis dari nanas juga menetralisir rasa bayam yang cenderung pahit ketika dijus. Berikut cara membuat minuman sehat untukmu.

Bahan: 1 ikat bayam 400 gr, nanas (lebih enak jika dipotong dan disimpan di freezer terlebih dahulu), 200 ml air madu (optional) ,½ sdt chia seed

Cara Membuat:

1.    Masukkan bayam, nanas, air ke dalam blender.
2.    Lumatkan semua bahan.
3.    Tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan es batu agar lebih segar.
4.    Taburkan chia seed di atasnya.

Dengan tiga resep ini semoga upaya kita untuk menjaga kesehatan sehari-sehari menjadi lebih mudah. Selamat mencoba!

https://www.tehsariwangi.com/artikel/3-resep-minuman-sehat-untuk-menjaga-imun-tubuh

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.