Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

3 Bulan Gaji Belum Dibayar, Ratusan Karyawan Mitra Ogan Menjerit : Kami Mau Beli Beras

 

Baturaja Radio.com - Tiga bulan gaji belum dibayar, ratusan karyawan perkebunan sawit PT Mitra Ogan melakukan demo. 

Aksi demo ini dilakukan di halaman kantor PKS Desa Karang Dapo, Kecamatan Peninjauan,  Kabupaten Ogan  Komering Ulu (OKU), Rabu (3/4/2024).  

Aksi demo ditandai dengan pembakaran ban bekas di sekitar lokasi. Sekitar 200 karyawan yang mewakili sebanyak 600 karyawan PT Perkebunan Kelapa Sawit Mitra Ogan ini mendesak agar hari ini juga dibayarkan gaji berikut tunjangan  Hari Raya (THR).


“Sesuai aturan , THR harus dibayar paling lambat H-7 lebaran” teriak salah seorang karyawan dengan suara lantang. Apabila sampai pukul 00.00 malam nanti tidak juga dibayar maka kasus ini akan dilaporkan sebagai pelangagran atau wanprestasi.

Dikatakan karyawan, aksi ini dilakukan karena para karyawan sudah puas menahan sabar dan menahan lapar, karena sudah 3 bulan gaji karyawan belum juga dibayar.


”Kami ini nak beli beras , bukan nak beli baju baru,’ teriak salah seorang karyawan dengan nada  jengkel.

Menurut karyawan, selama ini sudah berjuang demi perusahaan, bekerja keras untuk membesarkan perusahaan namun gaji hanya Rp 3 juta per bulan sudah tiga bulan terakhir belum juga ada tanda-tanda akan dibayar.

Para karyawan bertekad tidak akan berhenti menuntut sampai  direksi PT Mitra Ogan dan RNI (holdong)  merealisasikan pembayaran gaji yang tertunggak selama 3 bulan dan THR  yang menjadi hak karyawan.


Dikatakan pendemo,  lebaran tinggal beberapa hari lagi, mau dikasih makan apa anak dan istri lantaran gaji 3 bulan belum dibayar.

Dikesempatan itu Ketua Serikat Pekerja  PT Perkebunan Mitra Ogan,  Hadi Yamin memberi  deadline hari ini juga gaji dan THR harus dibayar.


“ Sesuai dengan aturan paling lambat  H -7  Hari Raya Idul Fitri 1445 , suka tidak suka harus membayar THR, " tandas  Hadi.


Dikatakan Hadi, apabila pihak perusahaan tidak menunaikan kewajibannya maka pihaknya akan mengambil langkah serius dan  berkirim surat  ke  instansi terkait dan menyatakan perusahaan ini sudah melakukan wanprestasi.

Pihak perusahaan sudah lalai dalam memenuhi perjanjiannya.

Pihaknya juga akan melakukan boikot aktivitas perusahaan. mulai dari panen buah sampai ke operasional pabrik.


"Apabila tidak dibayar hingga pukul 00.00 WIB nanti malam , maka mulai besok stop semua aktivitas” tandas Hadi yang langsung disambut sepakat oleh ratusan karyawan.

Terpisah jajaran Pimpinan Mitra Ogan , Jefri Siagian belum memberikan komentar,” “Nanti saya telepon bu,” kata Jefri Siagian.

Namun hingga berita ini ditulis belum berhasil dikonfirmasi terkait aksi mogok karyawan Mitra Ogan.


Sementara itu salah satu manager PT Mitra Ogan Widiyatmono saat dikonfirmasi membenarkan adanya aksi tersebut.


"Benar , sekarang seluruh karyawan kumpul di depan PKS menuntut tunggakan gaji 3 bulan dan THR, "ujar Widiyatmono salah satu Direksi PT Mitra Ogan.


Namun Widiyatmono  enggan menjelaskan secara detil  apa penyebab terjadinya keterlambatan pembayaran gaji karyawan  yang sampai 3 bulan belum terbayar.

Sumber lain di Mitra Ogan mengatakan, gaji yang  belum terbayar sekitar dua bulanan (belum smapai 3 bulan—Red).


“Janji direksi gaji ini segera dibayar sebelum lebaran lebaran” ujar sumber yang minta dirahasikan namanya. (eni)



https://palembang.tribunnews.com/2024/04/03/3-bulan-gaji-belum-dibayar-ratusan-karyawan-mitra-ogan-menjerit-kami-mau-beli-beras


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.