Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Rumah Warga Hanyut Akibat Banjir Bandang di Muratara


Baturajaradio.com --
Banjir bandang yang terjadi di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan mengakibatkan sebanyak 640 warga terdampak dan 10 rumah warga hanyut.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Provinsi Sumsel, Sudirman mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai bantuan untuk mengevakuasi warga termasuk menyiapkan puluhan perahu karet.

"BPBD Sumsel dan Pemerintah Kabupaten Muratara terus melakukan upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak, BPBD juga telah menurunkan puluhan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang kesulitan akibat jembatan yang putus," katanya, Rabu (17/4/2024).

Sudirman menjelaskan dari data yang ada saat ini ada enam jembatan gantung putus, 49 rumah rusak berat dan 2.839 rumah terendam banjir serta 10 rumah hanyut.

"Sejauh ini ada enam jembatan gantung putus 49 rumah rusak parah dan 2.849 rumah terdampak banjir serta 10 rumah hanyut," jelasnya.

Sudirman menjelaskan, banjir yang terjadi ini merendam Kecamatan Karang Jaya meliputi Desa Suka Menang, Desa Tanjung Agung, Muara Batang Empu, dan Desa Terusan. Kemudian Kecamatan Rawas Ulu meliputi Desa Jangkat dan Desa Pangkalan.

"Atas bencana ini, debit air yang masih mengalami kenaikan di Kecamatan Rawas Ulu dan Karang Jaya, personel terus melakukan kegiatan rutin administrasi dan pelaporan, pengendalian dan operasi petugas piket," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga jembatan di Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) putus diterjang banjir bandang. Akibatnya tak ada akses warga untuk menyeberang ke Desa yang lain.

Wakil Bupati Muratara, Inayatullah mengatakan banjir bandang di Kecamatan Kadang Jaya terjadi setelah hujan deras mengguyur selama beberapa hari terakhir.

"Banjir bandang akibat hujan deras yang turun beberapa hari ini sehingga membuat Sungai Rupit meluap. Akibat kejadian juga puluhan rumah hanyut dan 3 jembatan putus," kata Inayatullah kepada detikSumbagsel, Selasa (16/4/2024).

Sumber Artikel::  https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7296763/10-rumah-warga-hanyut-akibat-banjir-bandang-di-muratara.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.