Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

15 Tips Hemat Baterai HP di Perjalanan Mudik Lebaran Idul Fitri, Tak Perlu Bingung Cari Colokan

 



Baturaja Radio.com - Saat melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri, biasanya masyarakat harus menghabiskan waktu yang cukup lama di perjalanan, apalagi jika menggunakan jalur darat.

Penggunaan smartphone-pun biasanya jadi cara untuk menghilangkan rasa bosan, tetap menjaga komunikasi dengan orang lain, hingga membantu berbagai kebutuhan di perjalanan seperti untuk transaksi atau peta.

Meski begitu ponsel tentu saja memiliki batasan tenaga. Walaupun HP yang dijual saat ini sudah memiliki kapasitas daya yang besar-besar, tapi tetap saja menghemat baterai tetap penting dalam sebuah perjalanan.

Tips Hemat Baterai HP Saat Mudik

Maka dari itu, mengutip dari berbagai sumber, Jumat (21/4/2023), berikut ini beberapa tips untuk menghemat baterai HP saat perjalanan mudik Lebaran, yang bisa kamu coba:

  • Cek aplikasi yang paling boros

Kamu bisa mulai dengan melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan baterai HP. Jika ada yang jarang dipakai, lebih baik uninstall atau matikan fitur-fiturnya.

  • Turunkan kecerahan dan matikan cerah otomatis

Menurunkan kecerahan dan mematikan kecerahan secara otomtis, sering menjadi solusi yang banyak digunakan untuk menghemat baterai smartphone.

  • Matikan fitur wireless yang tidak perlu

Beberapa HP saat ini mendukung fitur-fitur seperti LTE, NFC, GPS, WiFi, dan Bluetooth. Namun, tidak semuanya perlu aktif sepanjang waktu. Untuk itu, hidupkan saja yang dibutuhkan di saat yang tepat.

Matikan Aplikasi Tak Diperlukan

  • Jangan biarkan aplikasi berjalan di background

Menjalankan banyak aplikasi sekaligus di latar belakang juga dapat membuat baterai smartphone boros. Karena itu, pastikan CPU ponselmu digunakan dengan lebih efisien untuk mencegahnya menghabiskan daya.

  • Tak perlu pakai widget di home screen dan live wallpaper

Widget atau live wallpaper yang bergerak, juga dapat menghabiskan daya ponsel. Untuk itu, pertimbangkan untuk tidak memakainya ketika sedang ingin hemat baterai.

  • Matikan notifikasi tidak penting

Sebuah aplikasi yang terus berjalan, untuk kemudian memberikan notifikasi, biasanya akan membuat layar menyala secara otomatis. Hal ini juga dapat membuat baterai HP terkuras perlahan. Karena itu, matikan yang tidak perlu.

  • Update sistem dan aplikasi

Sistem dan aplikasi biasanya akan mendapatkan update atau pembaruan, agar mereka lebih hemat tenaga. Jadi, pastikan pengguna sudah membuat sistem dan aplikasi yang mereka pakai sudah memakai versi terbaru.

Manfaatkan Power Saving Mode

  • Matikan sinkronisasi otomatis

Mengutip Gizchina, ponsel yang selalu mengecek informasi terbaru juga akan menghabiskan dayanya. Matikan saja sinkronisasi otomatis untuk memperpanjang baterai smartphone.

  • Pakai fitur extra power saving mode

Power saving mode biasanya akan membatasi ponsel hanya untuk kebutuhan dasar seperti mengirim pesan, telepon, browsing, atau media sosial tertentu. Ini juga bisa memperpanjang baterai HP.

  • Membeli aplikasi bebas iklan

Seringkali aplikasi yang menampilkan iklan membuat baterai lebih cepat terkuras. Untuk itu, tidak ada salahnya membeli versi premium yang bebas iklan dari sebuah aplikasi, untuk mengurangi penggunaan baterai dan data.


  • Mengatur fitur Always on Display

Banyak smartphone yang saat ini memiliki fitur Always on Display yang membuat beberapa informasi menetap di layar. Namun jika ingin menghemat baterai, pengguna disarankan untuk mematikan sementara fitur yang satu ini.

Mematikan Beberapa Fitur

  • Atur kapan layar mati

Mengutip PCMag, semakin lama layar ponsel menyala, semakin banyak baterai terpakai. Untuk itu, aturlah layar smartphone agar tidak dalam kondisi menyala terlalu lama dan mati secara otomatis.

  • Matikan fitur mendengarkan aktif

Jika pengguna mengaktifkan asisten suara, perangkat akan secara aktif terhadap suara pengguna, dan ini juga menghabiskan baterai. Karena itu, tidak ada salahnya mematikan fitur ini untuk sesaat.

  • Turunkan fitur-fitur ponsel lain

Untuk menghemat baterai, ada baiknya pengguna juga menurunkan kemampuan smartphone lainnya. Salah satunya adalah dengan mengatur refresh rate ke mode yang lebih hemat daya.

  • Jangan lupa power bank

Tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan membawa power bank yang sudah diisi penuh dalam perjalanan. Apalagi, kita tidak tahu apakah di tempat istirahat atau di tujuan akan ada fasilitas colokan listrik atau tidak.


https://www.liputan6.com/tekno/read/5267449/15-tips-hemat-baterai-hp-di-perjalanan-mudik-lebaran-idul-fitri-tak-perlu-bingung-cari-colokan



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.