Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Waspada Tukang Intip, Cek Cara Menemukan Kamera CCTV Tersembunyi

 



Baturaja Radio.com - Kamera Closed-circuit television (CCTV), salah satu perangkat teknologi yang makin banyak digunakan, kerap disalahgunakan untuk mengintip ruang privat. Berikut cara mengantisipasinya.

Kamera CCTV tersembunyi ini bisa dipasang di mana saja, sehingga korban tidak menyadari keberadaannya. Misalnya, di kamar hotel, rumah sewaan, bahkan kamar mandi pesawat.

Bentuknya juga beragam, semakin kecil, hingga semakin sulit pula ditemukan, serta saat ini juga banyak dijual bebas dan mudah dibeli, mengutip CNBC.

Lalu, bagaimana caranya menemukan kamera CCTV tersembunyi? Berikut deret alat untuk mengungkapnya:

1. Mata telanjang

Periksa kamar atau ruangan dengan menggunakan metode yang paling mudah dan murah, yakni menggunakan 'mata telanjang'. Coba berkeliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya, perhatikan apabila melihat sesuatu yang janggal atau mencurigakan.

2. Ponsel

Hp juga bisa menjadi alat untuk mencari kamera CCTV tersembunyi. Caranya, unduh aplikasi Fing yang dapat memindai jaringan Wi-Fi untuk mencari kamera.

Selain itu, fitur senter pada Hp juga bisa digunakan untuk memudahkan mencari kamera.

3. Detektor frekuensi radio

Untuk menemukan kamera CCTV tersembunyi juga bisa menggunakan perangkat genggam seperti detektor frekuensi radio yang akan berbunyi 'bip' ketika kamera tersebut mendeteksi keberadaan spycam. Contohnya, Multifunctional Detector.

Alat ini bekerja ketika kamera dinyalakan dan terhubung ke Wi-Fi, yang berarti alat ini tidak akan menemukan kamera yang menggunakan kartu SD untuk menyimpan data.

4. Detektor lensa

Detektor lensa basic yang murah, portabel dan mudah digunakan juga bisa dipakai untuk mencari kamera tersembunyi.

Perangkat ini memancarkan cahaya inframerah, yang memantulkan kembali dari lensa kamera sebagai titik merah. Namun, pengguna harus berada dekat dengan kamera agar alat ini berfungsi dengan baik.

5. Detektor lensa canggih

Berbentuk menyerupai teropong, perangkat ini juga menonjolkan cahaya yang dipantulkan dari lensa kamera. Namun demikian, perangkat ini bekerja dari kejauhan, contohnya adalah tipe SPY989.

Perangkat ini juga bisa digunakan di ruangan yang terang maupun gelap. Untuk menggunakannya, pengguna harus melihat langsung ke lensa.


https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240125202357-185-1054474/waspada-tukang-intip-cek-cara-menemukan-kamera-cctv-tersembunyi


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.