Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Hindari Demam Berdarah dengan Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini

 



Baturaja Radio.com - Banyaknya kasus demam berdarah yang terjadi, salah satunya karena musim penghujan. Sebagai langkah pencegahan DBD, ada minuman yang bisa rutin dikonsumsi.


Jangan tunggu hingga terjangkit demam berdarah dengue (DBD) baru kemudian diobati. Perlu juga langkah pencegahan agar terhindar dari demam berdarah.

Tak perlu khawatir akan repot, mencegah demam berdarah bisa dilakukan dengan cara praktis. Cukup konsumsi minuman yang terbukti ampuh menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena demam berdarah.

Ada air jeruk, susu dan air kelapa yang bisa jadi minuman untuk mencegah demam berdarah. Minum secara rutin agar terhindar dari demam berdarah.

1. Air Jeruk
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk membantu meningkatkan zat antibodi yang memperkuat sistem imun tubuh. Jika kekebalan tubuh terjaga maka virus tidak mudah mengganggu kesehatan tubuh.

Selain menjaga daya tahan tubuh dari virus demam berdarah, kandungan nutrisi dalam jeruk juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan pasien demam berdarah. Jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan pasien dmam berdarah.

Untuk membuat minuman jeruk cukup siapkan jeruk segar kemudian peras airnya dan campur dengan air hangat. Kalau mau rasanya makin enak, tambahkan madu sebagai pemanis. Air jeruk bisa dikonsumsi setiap hari

2. Air Kelapa
Virus demam berdarah akan mudah menyerang dan mengganggu kesehatan orang-orang yang tubuhnya dehidrasi. Karena dalam kondisi dehidrasi, tubuh akan mudah terserang penyakit.

Air kelapa mengandung elektrolit alami serta mineral yang mampu menghidrasi tubuh dengan cepat. Selain itu air kelapa juga memberikan sensasi segar ketika diminum.

Air kelapa bisa dan aman dikonsumsi setiap hari. Jadikan air kelapa sebagai minuman di pagi dan sore hari. Usahakan minum air kelapa murni tanpa tambahan bahan apapun termasuk gula.

3. Jus Buah dan sayuran
Selain air kelapa, sumber cairan elektrolit alami lainnya bisa berasal dari jus buah dan sayuran. Racik beberapa buah yang mengandung tinggi kalium dan pottasium seperti pisang, jeruk, kiwi dan alpukat.

Konsumsi juga jus tomat yang mengandung sodium tinggi. Jus sayuran juga tak kalah penting, cobalah buat jus dari wortel, atau sayuran hijau seperti sawi dan mentimun.

Para ahli juga mengatakan jus sayuran dan buah bisa menjadi media untuk mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah. Jus buah dan sayuran bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan atau minuman di sela waktu santai.

4. Susu
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan susu bisa jadi minuman untuk meringankan gejala demam berdarah. Susu juga dikatakan jauh lebih baik dikonsumsi untuk mencegah virus demam berdarah.

Dalam susu murni terkandung elektrolit natrium, kalium dan juga berbagai nutrisi lainnya seperti kalsium, magnesium, fosfor dan zinc. Semua nutrisi ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Cairan isotonik
Minuman isotonik bisa diandalkan untuk mencegah sekaligus mengobati demam berdarah. Biasanya minuman isotonik mengandung natrium dalam jumlah tinggi sehingga bisa menghidrasi tubuh dengan cepat.

Biasanya cairan ini dimanfaatkan sebagai minuman untuk orang yang mengalami dehidrasi. Meskipun demikian tapi tetaplah bijak dalam mengonsumsi minuman isotonik.

Terlalu banyak mengonsumsi cairan isotonik juga tidak disarankan karena kandungan gulanya sangat tinggi. Minuman ini bisa dikonsumsi saat siang hari di tengah padatnya aktivitas.

https://food.detik.com/info-sehat/d-4936710/hindari-demam-berdarah-dengan-konsumsi-5-minuman-sehat-ini


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.