Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Usaha Mikro di Danau Ranau OKU Selatan Sumsel Harapkan Wisatawan Meningkat Hingga Tahun Baru


Baturajaradio.com --
Event
 Jelajah Alam Serasan Seandanan (JASS) ke-XI di penghujung tahun 2023 ini diharapkan menjadi berkah bagi para pelaku usaha UMKM di sekitaran Objek Wisata Danau Ranau, OKU Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebab masyarakat setempat, mulai dari pengusaha mikro kuliner dan penginapan homestay hingga pengrajin lokal untuk oleh-oleh khas daerah ketiban rejeki, dampak dari meningkatkannya kunjungan wisatawan ke danau kedua terbesar di Pulau Sumatera ini.



"Harapannya, semoga dengan JASS ini kunjungan terus ramai, setidaknya hingga pergantian tahun baru ke depan," ujar Sudirman, salah seorang pemilik usaha homestay dan kuliner di kawasan Banding Agung, Senin (4/12/2023).


Menurut Sudirman, setelah beberapa bulan dari event yang diselenggarakan Pemda, pengunjung mulai sepi yang berdampak pada penghasilan para pedagang dan pengusaha mikro di sana.


Maka tak ayal setiap ada event-event besar di selenggarakan di Dnaau Ranau, maka hal ini akan menjadi berkah bagi warga sekitar untuk berlomba-lomba mencari rezeki.


Demikian halnya dengan usaha usaha kuliner yang meningkat pesat sehingga di waktu event, Sudirman yang kelabakan melayani pembeli terpaksa merekrut pegawai hingga tiga sampai empat orang


"Omset meningkat, biasanya hari-hari biasa hanya terkumpul omset Rp 100-200 ribu saja."

"Namun saat ada event mencapai Rp 5 juta, Alhamdulillah," bebernya.


Sama halnya dengan homestay, adanya event membuat penginapan sederhana yang menjamur di kawasan Danau Ranau sering penuh dalam 3 malam berturut-turut.



Sumber Artikel ::, https://palembang.tribunnews.com/2023/12/04/usaha-mikro-di-danau-ranau-oku-selatan-sumsel-harapkan-wisatawan-meningkat-hingga-tahun-baru.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.