Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Puluhan Kepsek SMK/SMA Sederajat Se OKU Dinilai, Ini Hasilnya

 

Baturajaradio.com- Puluhan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) sederajat negeri dan swasta di Kabupaten OKU menjalani Penilaian Kompetensi dan Kinerja Kepala Sekolah (PK3S).

PK3S digelar mulai 27 November hingga 15 Desember 2023. Sebanyak 7 pengawas SMA/SMK di OKU diterjunkan untuk melakukan penilaian kompetensi dan kinerja kepala sekolah.

Dr Ibnu Sodik, salah satu tim PK3S mengatakan, tujuan PK3S bertujuan untuk menilai kinerja dan kompetensi kepala sekolah selama satu tahun.

Dimana, masih kata Sodik, untuk mengetahui keterlaksanaan program sekolah yang sudah terlaksana dan yang belum terlaksana, sehingga nantinya dapat diketahui kinerja kepala sekolah selama setahun.

Kemudian, setidaknya ada empat kategori dalam PK3S. Pertama pengembangan diri dan orang lain. Kedua, kepemimpinan pembelajaran. Ketiga Kepemimpinan Manajemen Sekolah dan keempat Kepemimpinan pengembangan sekolah.

Selanjutnya, dari empat kategori yang ada, maka kepsek nantinya diminta untuk mengumpulkan 58 data bukti fisik.

“Nah, dari situ nanti terakhir dinilai apakah kinerja kepsek, berkembang, layak, cakap dan mahir,”kata Ibnu Sodik kepada jurnalis okusatu.

Kemudian, dari hasil itu dilaporkan ke Kepala Dinas Provinsi Sumsel sebagai pertimbangan dan sekaligus penilaian kinerja kepsek sebagai pembanding.

Dan memetakan kemampuan kepsek terutama di OKU, apakah kategori berkembang (itu Paling rendah, meningkat layak, cakap, mahir atau paling bagus.

Hasil PK3S sendiri sebagai refleksi diri untuk menyusun program setelah diketahui kelemahan dan kelebihan kepsek.

”Data sementara terhadap penilaian kompetensi dan kinerja kepala sekolah SMA/SMK sederajat negeri swasta di OKU hasilnya di atas layak. Atau antara cakap dan mahir,” tukasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.