Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

OKU Raih Banyak Prestasi Bidang Kesehatan, Diapresiasi Lewat Peringatan HKN


 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) merayakan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 dengan memotong tumpeng, sebagai tanda rasa syukur di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis, 21 Desember 2023.

Sebelumnya, Dinkes OKU telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HKN tahun 2023.

Termasuk upacara peringatan, pemberian makanan tambahan untuk anak stunting, kegiatan aksi bergizi, dan lomba senam sehat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes OKU, Dedy Wijaya SKM Mkes, menyampaikan bahwa tema perayaan HKN ke-59 tahun 2023 adalah "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” yang terdapat enam pilar transformasi kesehatan. 

Yakni tranformasi layanan primer, tranformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan.

Kemudian, transformasi pembiayaan kesehatan dan transformasi SDM kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan.

"Alhamdulillah, banyak prestasi, penghargaan dan akselerasi di bidang kesehatan semasa kepemimpinan bapak Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah yang perlu kita apresiasi bersama," kata Dedy Wijaya dalam sambutannya.


Prestasi tersebut diantaranya, mendapatkan penghargaan dari Mendagri sebagai terbaik kedua se-Sumsel dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi stunting pada tahun 2022 lalu. 

Penghargaan dari Menteri BKKBN dan Gubernur Sumsel sebagai Kabupaten tertinggi kedua dalam penurunan angka stunting di OKU sebesar 11,2 persen.

"InsyaAllah sebentar lagi akan keluar angka stunting di OKU tahun 2023 melalui hasil riset Survei Kesehatan Indonesia yang baru saja telah dilaksanakan," sambung dia.

Tidak hanya itu, penghargaan dari Presiden RI pun telah diraih oleh Kabupaten OKU dalam bidang kesehatan.

Yaitu sebagai kabupaten eliminasi malaria tahun 2023 di IKN Kalimantan dan sebagai kabupaten eliminasi Prambusia. "InsyaAllah akan diberikan tahun 2024 nanti," ujarnya.

"Kedepan kami berharap akan lebih baik lagi dan mendapatkan penghargaan terbaik pertama," tandasnya.

PJ Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah, membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin, yang menekankan pentingnya membangun bersama enam pilar transformasi kesehatan. 

Transformasi tersebut melibatkan perubahan dalam layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Pj. Bupati OKU juga menyoroti transformasi budaya kerja para Insan kesehatan sebagai pilar ketujuh, yang mencakup nilai-nilai dasar ASN yang berakhlak. 

Teddy mengucapkan terima kasih kepada seluruh Insan kesehatan yang telah berjuang tanpa lelah dalam membangun kesehatan Indonesia. 


“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam upaya membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan sekitar, demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.