Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Masyarakat Sekitar Diimbau Pakai Masker

 


Baturaja Radio.com - Gunung Marapi (G. Marapi) di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi.

Berdasarkan catatan, sudah sebanyak 4 kali erupsi dalam satu hari, 27 Desember 2023.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Hendra Gunawan,  memberikan imbauan kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi.

Sehubungan dengan erupsi tersebut, masyarakat di sekitar Gunung Marapi hsrus ekstra waspada.

Para pengunjung, wisatawan, dan pendaki dilarang memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 kilometer dari pusat aktivitas Gunung Marapi, yang dikenal sebagai Kawah Verbeek.

Langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan mereka dalam menghadapi potensi bahaya erupsi.

Selain imbauan tersebut, masyarakat juga diingatkan untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama selama musim hujan, yang dapat terjadi sebagai dampak dari erupsi gunung.

Menurut Hendra Gunawan, kepala PVMBG, hingga pukul 18:00 WIB pada tanggal 27 Desember 2023, erupsi Gunung Marapi telah terjadi sebanyak 4 kali dengan amplitudo berkisar antara 5.6 hingga 15.5 mm dan durasi erupsi berkisar antara 26 hingga 86 detik.

Selain itu, tercatat tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 0.5 hingga 2 mm, dengan dominan sekitar 1 mm.

Dalam rangka menghindari gangguan pernapasan dan masalah kesehatan lainnya yang dapat disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar G. Marapi sangat diimbau untuk menggunakan masker pelindung mulut dan hidung.

Selain itu, jangan lupaperlengkapan pelindung lainnya untuk melindungi mata dan kulit mereka.

Selain itu, jika terjadi hujan abu vulkanik, diharapkan agar warga juga mengamankan pasokan air bersih mereka dan membersihkan atap rumah dari lapisan abu vulkanik yang tebal.

Ini untuk menghindari risiko kerusakan.Otoritas terus memantau situasi gunung Marapi dan akan memberikan pembaruan jika diperlukan.

https://okes.disway.id/read/646388/gunung-marapi-kembali-erupsi-masyarakat-sekitar-diimbau-pakai-masker

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.