Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Rakor Tingkat Menteri, Mendag Bahas 3 Hal Penting Pengetatan Arus Impor


Baturajaradio.com --
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (5/10/2023). Rapat ini membahas Tindak Lanjut Rapat Internal Presiden terkait Pengetatan Arus Barang Impor.

Zulhas mengatakan rapat ini membahas tiga hal penting sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Salah satunya soal melonjaknya barang-barang impor yang masuk.

"Kita rapat menindaklanjuti arahan Bapak Presiden mengenai banjirnya barang-barang impor dari luar dan barang-barang yang masuk secara ilegal. Oleh karena itu, saat rapat tadi kita bicarakan yang harus kita perbaiki, yaitu pos border ternyata pengawasannya kurang," kata Zulhas saat ditemui, Kamis (5/10/2023).

"Oleh karena itu akan diusulkan, utamanya barang-barang konsumsi, diberikan kepada border. Contohnya produk kecantikan, pakaian, obat-obatan, barang-barang konsumen, elektronik. Ada beberapa yang konsumsi seperti makanan dan lain-lain," imbuhnya.

Zulhas menambahkan Rakor disebut juga membahas terkait aturan hukum terhadap barang-barang yang masuk secara ilegal. Menurutnya, hal ini harus ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Kedua, penegakkan hukum kepada produk-produk yang dilarang dan masuk secara ilegal harus kita larang. Harus ada penindakan secara hukum," sambungnya.

Di samping itu, bersama para menteri lainnya, Zulhas juga menekankan tentang pentingnya ekosistem industri dalam negeri. Dengan demikian, UMKM loka dapat semakin go global dan bersaing di mancanegara.

"Ketiga, kita untuk terus menggalakkan ekosistem industrial negeri, seperti UMKM dan sebagainya. Ekosistem pengembangan usahanya, produktivitasnya, permodalannya, akses pasarnya, SDM-nya bisa bener-bener ditingkatkan sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain," ucapnya.

Sementara soal positive list, Ketua Umum PAN ini menyebut akan segera berdiskusi dengan pihak terkait. Seperti diketahui, positive list akan diatur dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023. Daftar ini akan berisi barang asal luar negeri apa saja yang diperbolehkan lintas negara secara langsung masuk ke Indonesia melalui platform e-commerce.

"Positive list akan segera kita rapatkan, tadi juga dibahas untuk segera disebarluaskan mengenai positive list barangnya apa saja (yang diperbolehkan masuk)," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir menteri lainnya, antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi, hingga Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Hadri pula Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri.

Sumber artikel :: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6967215/rakor-tingkat-menteri-mendag-bahas-3-hal-penting-pengetatan-arus-impor.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.