Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

KPU OKU Terima Ribuan Kotak Suara


Baturajaradio.com
  Sebanyak 1.995 kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten OKU sudah mulai datang.

Ribuan kotak suara tersebut tiba dan disimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU, yang berada di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur, Kamis (19/10/2023).

“Logistik non surat suara sudah mulai datang di OKU. Hari ini (Kamis, 19 Oktober 2023) yang datang baru 1/3 kotak suara.


Yakni 1.995 kotak suara,” kata Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST saat meninjau kedatangan kotak suara, Kamis (19/10/2023).

BACA JUGA:Iran Kibarkan Bendera Hitam Simbol Duka Islam Syiah Atas Serangan Israel di Gaza


Naning menjelaskan, total kotak suara yang dibutuhkan di OKU yakni sebanyak 6.151 kota. Sedangkan bilik suara sebanyak 4900 bilik.

“Kedatangan logistik non surat suara yang dari pusat akan terus datang. Kemungkinan, besok (Jumat, 20 Oktober 2023) akan datang lagi,” sambung Naning.


Setelah ini, lanjut Naning pihaknya akan memeriksa kotak suara yang dikirim dari pusat.

Jika ada kerusakan, pihaknya akan melakukan laporan kepada pengada barang. “Nanti, kami cek semua,” ucap Naning.

Kotak suara yang datang lanjut Naning sama dengan yang digunakan pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 . Yakni berbahan karton duplex.

Menurut Naning, kotak suara berbahan karton duplex tidak ada masalah. Termasuk dengan kunci kotak suara dari kabel ties.

Sebab, lanjut Naning soal keamanan dan antisipasi nantinya kotak suara akan dibungkus dengan kantong plastik saat dibawa ke titik-titik tempat pemungutan suara (TPS).

“Kotak suara dari karton duplex dan kunci dari kabel ties sudah dilakukan pada Pileg 2019 dan Pilkada 2020 lalu.

Dan tidak ada yang bermasalah. Tidak ada gugatan Pemilu atau Pilkada soal logistik. Artinya kotak ini aman,” tambah Naning.

Soal pengamanan dari kabel teis ungkap Naning juga tak ada masalah. Sebab, membuka kotak suara akan dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kami TUTUP GUDANG! Samsung Galaxy S23 ultra seharga 1.900.000 IDR. Diskon hingga 70%
“Kabel teis ini tidak bisa dibuka. Kami jamin kotak suara terkunci. Kami pentingkan keamanan tapi efesien,” pungkas Naning.

(https://okes.disway.id/read/645038/kpu-oku-terima-ribuan-kotak-suara/15)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.