Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

6 Warga Sulsel Jadi Korban Tewas Penembakan KKB Egianus Kogoya di Yahukimo


Baturajaradio.com ,
Yahukimo - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya secara keji menembak pendulang emas di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Sebanyak 7 orang meninggal akibat serangan itu dengan 6 korban diantaranya berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan total 18 orang menjadi korban serangan ini. Sebanyak 7 orang dinyatakan meninggal sedangkan 11 lainnya berhasil selamat.

"Tim gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 11 warga selamat dan 7 warga yang meninggal dunia," kata Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Dari 7 korban tewas 6 di antaranya berasal dari Sulsel yakni Udin, Maun, Ardi, Hendra, Appe, dan Siger. Sedangkan 1 korban lain bernama Anju berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Seluruh korban selamat maupun yang tewas telah berhasil dievakuasi oleh aparat. Sempat terjadi kontak tembak antara aparat dengan KKB saat proses evakuasi.

"Setibanya di TKP, mendapat gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak selama 1 jam 30 menit," ungkap Faizal.

Faizal menuturkan serangan dan penembakan ini terjadi di lokasi penambangan emas di Kali I, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Senin (16/10). KKB pimpinan Egianus Kogoya menjadi dalang dari aksi ini.

"Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KKB Egianus Kogoya," tegasnya.

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menambahkan para korban saat ini sudah dievakuasi ke Polres Yahukimo. Termasuk korban tewas dan yang selamat.

"Dievakuasi ke Polres Yahukimo semua. Iya betul, semua dibawa ke Polres Yahukimo dulu," kata AKBP Bayu Suseno kepada detikcom.

Berikut identitas 7 korban tewas serangan KKB di Kabupaten Yahukimo:

1.Udin (Asal Sulsel).
2. Maun (Asal Sulsel).
3. Ardi (Asal Sulsel).
4. Hendra (Asal Sulsel).
5. Anju (Asal Sumut).
6. Appe (Asal Sulsel).
7. Siger (Asal Sulsel).

Identitas 11 korban selamat serangan KKB di Kabupaten Yahukimo:

1. Amiman (33).
2. Abdul Azis alias Nene Azis (53).
3. Erwin (36).
4. Abdul Ramansyah alias Rahsya (31).
5. Abdul Samad (53).
6. Renaldi (28).
7. Hermudin (42).
8. Bebeng (41).
9. Markus Tumpia (35).
10. Ahmad Saleh Ohe (21).
11. Holden (48).

Sumber Artikel::  https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-6987755/6-warga-sulsel-jadi-korban-tewas-penembakan-kkb-egianus-kogoya-di-yahukimo.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.