Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Lahan Terbakar di OKU Meningkat, Terbaru Terjadi di Simpang Lekis, Diduga Kelalaian Manusia


Baturajaradio.com
- Kebakaran lahan mineral terjadi di kawasan lekis, kecamatan Baturaja timur, kabupaten OKU, Sumatera Selatan pada Senin, 18 September 2023.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan berhasil dipadamkan oleh petugas BPBD OKU dan Dinas Pemadam Kebakaran Satgas Karhutla OKU pada pukul 20.00 WIB.

Titik api berasal dari ilalang yang mengering dan merambat ke lahan mineral. Penyebab kebakaran masih diselidiki, tetapi diduga akibat kelalaian manusia, seperti membuang puntung rokok sembarangan.

Petugas BPBD OKU menerjunkan puluhan personel satgas karhutla untuk memadamkan api.

Petugas juga menyiagakan personel 1x24 jam di lokasi bencana untuk mengantisipasi kemunculan titik api yang dapat memicu karhutla.

"Untuk penyebabnya belum diketahui tapi kita telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat ,"  ujar Plt Kepala BPBD OKU Gunawansyah melalui Manager Pusdalops Gunalfi saat dikonfirmasi.

Pihaknya, sambung Gunalfi telah menerjunkan puluhan personel satgas karhutla yang berjibaku untuk memadamkan api.

"Saat ini kondisi api sudah dipadamkan," ungkapnya.

Meski demikian, petugas di lapangan tetap berjuang menuju lokasi untuk memadamkan api agar tidak menyebar luas hingga masuk ke permukiman penduduk sekitar.

"Api baru berhasil dipadamkan dan selesai dilakukan proses pendinginan pada pukul 20.00 WIB," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menyiagakan personel 1x24 jam di lokasi bencana untuk mengantisipasi kemunculan titik api yang dapat memicu karhutla.

"Dalam sepekan ini lahan terbakar diduga kelalaian manusia meningkat untuk itu kami menghimbau agar masyarakat waspada," tutupnya.

(https://okes.disway.id/read/644011/lahan-terbakar-di-oku-meningkat-terbaru-terjadi-di-simpang-lekis-diduga-kelalaian-manusia/15)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.