Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Ketahui Rekomendasi Lauk yang Sehat Untuk Tubuh

 




Baturaja Radio.com - Pola hidup sehat menjadi sebuah gaya hidup masyarakat saat ini. Selain dengan olahraga teratur, grameds juga bisa menjalani pola hidup seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Ada berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi, hanya saja tidak semua makanan tersebut mempunyai nilai gizi yang baik.

Di Indonesia, ada banyak sekali lauk yang sehat bagi tubuh. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung untuk memilih makanan atau lauk yang sehat, sehingga makan sehari-hari pun terasa bosan. Tapi tenang, hilangkan rasa khawatir itu, karena di artikel ini, kita akan membahas seputar rekomendasi lauk yang sehat.

Lalu, apa saja sih rekomendasi lauk yang sehat? Yuk simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Apa itu Makanan Sehat?

Menu makanan sehat harus mengandung beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein, air vitamin, mineral hingga lemak, sehingga makanan tersebut mempunyai manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, maka dapat membantu terhindar dari beberapa penyakit agar tidak menular.

Apabila grameds ingin sehat sebaiknya mulai memakan menu makanan sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Hal ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang untuk tubuh dan pikiran.

Rekomendasi Lauk yang Sehat

Berikut ini jenis-jenis dari lauk sehat yang dapat grameds coba, ya.

1. Ikan pepes 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan mempunyai kandungan gizi tinggi protein, vitamin serta mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga dapat menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Grameds dapat memasak pepes ikan yang kental akan rasa makanan tradisional namun juga sehat untuk tubuh.

2. Dada ayam 

Tidak semua bagian ayam mengandung tinggi lemak, contohnya bagian dada ayam. Dibandingkan dengan bagian lain seperti paha, bahwa dada ayam mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Di samping itu, bagian dada ayam justru mengandung zat besi serta protein yang tinggi. Grameds dapat mengolah dada ayam dengan cara dipanggang atau direbus serta hindari menggoreng dada ayam tersebut agar tidak merusak kandungan baik di dalamnya.

3. Telur rebus

Telur juga bisa menjadi salah satu lauk untuk makanan sehat ya. Tidak hanya ramah di kantong, telur ini juga kaya nutrisi seperti adanya protein, kolin dan vitamin D. Apabila ingin sehat lagi, grameds dapat mengonsumsi putih telurnya saja. Secara umum, satu butir telur mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Grameds juga bisa mengonsumsi telur dengan cara merebusnya untuk mendapatkan kandungan terbaiknya.

4. Daging sapi tanpa lemak

Banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa daging merupakan makanan yang tidak bisa dikonsumsi saat diet. Padahal, ada bagian-bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak dan hal ini menyehatkan lho, grameds.

Bagian-bagian tersebut biasanya ada di sekitar leher atau has luar. Di dalam daging yang tanpa lemak ini ada beberapa kandungan seperti protein, vitamin, zat besi, vitamin B12 hingga zinc. Agar lebih sehat, grameds dapat memasak daging sapi tersebut dengan cara dikukus, direbus maupun dipanggang tanpa lemak di atas alat anti lengket.

5. Kentang

Selain daging sapi, grameds juga dapat mengganti nasi dengan kentang yang lebih sehat. Makanan ini mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dengan kalori yang relatif rendah. Di sisi lain, kentang juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B9, vitamin C, vitamin B1 serta vitamin B6. Dengan merebus atau mengukus kentang tidak akan menghilangkan gizi-gizinya ya grameds.

6. Mie zucchini

Mie zucchini terbuat dari timun Jepang yang mempunyai rendah kalori. Satu cangkir zucchini hanya memiliki 19 kalori saja lho. Grameds dapat mengkombinasikan mie ini dengan makanan sehat lainnya, seperti dada ayam. Karena dada ayam merupakan sumber protein yang baik, tidak mengandung lemak tinggi dan mempunyai beberapa kandungan seperti fosfor, vitamin B, niacin hingga selenium.

7. Ayam dan quinoa 

Quinoa sebagai salah satu makanan sehat yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Biji – bijian ini mengandung asam lemak omega 6 dan asam folat. Grameds dapat mencampurkan quinoa dengan daging dada ayam yang rendah lemak dan kaya protein.

Langkah yang dilakukan, rebuslah quinoa dalam air mendidih hingga air rebusannya benar – benar meresap sempurna ke dalam quinoa. Apabila sudah siap dihidangkan, dapat sajikan quinoa di dalam mangkuk beserta dada ayamnya.

8. Tempe dan tahu 

Ini merupakan makanan yang sangat simpel. Meskipun lauk tempe dan tahu tidak mewah, keduanya mampu memberikan rasa kenyang berkualitas serta berbagai macam manfaat kesehatan di dalamnya. Satu tempe 116 gram sudah mengandung 31 gram protein. Sehingga tidak heran apabila tempe dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Sementara itu, untuk tahu juga dipercaya mampu menjadi sumber protein terbaik untuk vegan maupun vegetarian. Di sisi lain, tahu juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Dari kedua menu makanan ini yang sehat dan lezat dapat mengajarkan kita untuk tidak menilai makanan yang hanya dari penampilan maupun harganya saja, namun juga kandungan nutrisinya.

9. Ikan

Berbeda dengan ikan pepes di atas, ikan ini terutama seperti salmon, tuna hingga makarel merupakan salah satu jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Grameds tidak boleh melewatkan begitu saja ya. Adanya kombinasi antara vitamin D dan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan dipercaya dapat membantu grameds untuk tidur lebih nyenyak.

Oleh sebab itu, menu sehat ini bisa merangsang pelepasan hormon serotonin di dalam tubuh. Grameds dapat mencampurkan ikan – ikan yang sudah dikukus maupun dipanggang dengan sayur kesukaan ya! Selain lezat, tentu menu makanan ini juga sehat.


https://www.gramedia.com/best-seller/rekomendasi-lauk-yang-sehat-untuk-tubuh/



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.