Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

8 Alasan Resign yang Bisa Kamu Gunakan agar Tetap Terlihat Profesional

 




Baturaja Radio.com - Ketika kita ingin mencari suasana baru, ingin mendapatkan karier yang lebih baik, atau bahkan tidak nyaman dengan pekerjaan saat ini, resign seringkali menjadi jawaban. Namun, tak jarang kita bingung untuk memberikan alasan resign yang bijak agar tetap terlihat profesional. 

Mempertimbangkan alasan resign dengan baik adalah hal penting dalam perjalanan berkarier. Tak hanya memberikan dampak ignifikan pada individu, tapi juga organisasi, dan proses perubahan karier secara keseluruhan.

Jadi, apa saja alasan resign yang bisa kamu berikan kepada manajemen kantor? Yuk, cek beberapa alasan resign yang membuat kamu tetap tampak profesional di bawah ini.

Alasan Resign yang Profesional

Resign adalah mengundurkan diri dari pekerjaan. Jangan terburu-buru, siapkanlah alasan resign yang baik agar reputasimu tetap baik. Berikut beberapa alasan resign yang bisa kamu gunakan supaya tetap terlihat profesional:

1. Jenjang Karier yang Tidak Pasti

Ada perusahaan yang memberikan jenjang karier yang pasti karena banyak posisi yang dapat ditempati oleh karyawan yang sudah lama. Namun, ada juga perusahaan yang membutuhkan waktu lama untuk menaikkan jabatan karyawannya. Jika perusahaan yang kamu tempati tidak memiliki keduanya, hal tersebut dapat menjadi alasan resign yang tepat untuk kamu gunakan.

2. Melanjutkan Pendidikan

Alasan resign kedua yang bisa kamu gunakan adalah ingin melanjutkan pendidikan. Kamu bisa mengatakan pada atasan kamu bahwa kamu ingin melanjutkan S2 atau S3. Alasan melanjutkan pendidikan ini juga bisa mempercepat atasan kamu untuk menyetujui resign yang kamu ajukan.

3. Perubahan Karier

Perubahan karier juga bisa menjadi alasan resign yang tepat. Terutama untuk para fresh graduate yang masih mencari tempat yang paling cocok dan membuat nyaman. Kalau kamu merasa tidak cocok dan nyaman di tempatmu sekarang, maka kamu bisa menggunakan alasan ini untuk resign.

4. Gaji yang Tidak Sesuai dengan Tugas

Setiap karyawan tentu memiliki tugasnya masing-masing. Hal tersebut biasanya sudah tertulis di kontrak kerja. Tetapi, bagaimana jika tugas yang diberikan terlalu banyak dan tidak ada kenaikan gaji? Maka dari itu, alasan resign ini juga masih masuk akal untuk kamu gunakan. Pekerjaan yang banyak tetapi tidak sebanding dengan gaji, ada baiknya kamu pindah ke tempat yang baru.

5. Tidak Cocok dengan Lingkungan Kerja

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja masing-masing. Bagaimana perusahaan memberikan tuntutan, tipe kepemimpinan atasan terhadap bawahan, dan sebagainya. Budaya kerja ini sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan sehingga dapat mempengaruhi kecocokan karyawan dengan lingkungan kerja. Oleh karena itu, alasan resign yang satu ini juga bisa kamu gunakan saat untuk menjelaskan kepada atasan atau calon perusahaan yang baru.

6. Menjadi Karyawan Tetap

Kalau kamu karyawan kontrak atau paruh waktu, tentu kamu ingin menjadi karyawan tetap. Alasan resign yang satu ini bisa kamu gunakan, Toppers. Dengan menjadi karyawan tetap, lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan untuk menunjang kehidupan kamu.

7. Alasan Keluarga

Alasan resign ini biasanya diajukan juga oleh perempuan muda yang baru menikah. Tetapi, alasan keluarga ini juga dapat berupa mengasuh anak atau menjaga orang tua yang sedang sakit. Contoh lainnya adalah kehamilan. Beberapa pekerjaan menuntut seseorang untuk berada di lapangan, maka dari itu kondisi ibu hamil sangat tidak memungkinkan.

8. Mendapatkan Penawaran yang Lebih Baik

Alasan resign selanjutnya adalah mendapatkan penawaran kerja yang lebih baik. Tentunya, setiap karyawan ingin yang terbaik untuk kariernya. Penawaran ini dapat berupa gaji yang lebih besar, perusahaan yang lebih ternama, atau tunjangan yang lebih baik. Sehingga alasan ini bisa kamu gunakan saat mengajukan resign kepada atasan.

Itu dia 8 alasan resign yang bisa kamu gunakan untuk menjawab interview di perusahaan baru atau saat kamu ingin mengajukan resign kepada atasan. Sebaiknya, sebelum mengajukan resign, pastikan tugas-tugasmu sudah selesai kamu kerjakan. 

Jangan menurunkan performa kamu ketika ingin resign, Toppers. Selain menjaga performa kerja, kamu bisa memperbanyak skill lainnya untuk menambah pemasukan. Sekarang banyak kelas-kelas online yang disediakan untuk belajar dari rumah.


https://www.tokopedia.com/blog/alasan-resign-kerja-krj

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.