Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Layar HP, Bagaimana Mencegahnya?

 


Baturaja Radio.com - Layar smartphone adalah komponen yang paling rentan terhadap kerusakan dan merupakan komponen yang paling mahal. Jadi, kamu harus hati-hati dalam menggunakan smartphone agar layarnya gak gampang rusak.

Perlu kamu tahu bahwa ada berbagai macam jenis kerusakan pada layar smartphone. Nah, berikut adalah beberapa jenis kerusakan layar smartphone yang umum terjadi beserta tips pencegahannya. Beberapa cara ini gak terlalu sulit untuk dipraktikkan sendiri di rumah, kok!

1. Layar smartphone tergores, retak, dan pecah

Goresan, retak, atau bahkan pecah pada layar menjadi masalah yang paling umum terjadi. Goresan pada layar bisa terjadi akibat kontak dengan benda tajam, seperti kunci, pasir, atau benda keras lainnya. Untuk mencegahnya, gunakan pelindung layar atau tempered glass yang tahan goresan. Hindari menyimpan ponsel bersama dengan benda-benda tajam di dalam tas atau saku.
Layar pecah atau retak umumnya disebabkan karena jatuh atau benturan keras. Kamu wajib menggunakan tempered glass yang berkualitas dan pasang soft case yang dirancang khusus untuk melindungi sudut-sudut ponsel. Kamu juga harus hati-hati saat menggunakan ponsel agar tidak jatuh dan tergores.

2. Layar smartphone gak responsif atau gak bisa disentuh
Layar smartphone yang tidak responsif atau sama sekali tidak bisa disentuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah terkena cairan, terkena tekanan, overheat, dan usia pemakaian. Jika layar kurang responsif, biasanya disebabkan karena permukaan layar yang kotor atau tempered glass yang perlu diganti. Namun, jika layar sudah gak bisa disentuh sama sekali, biasanya hal tersebut menandakan bahwa LCD touchscreen sudah rusak dan perlu diganti. Pencegahannya adalah dengan selalu memasang tempered glass, melindungi smartphone saat hujan, dan jangan gunakan smartphone sampai overheat.

3. Layar smartphone sering bergerak sendiri

Mungkin kamu pernah mengalami hal aneh di mana layar HP kamu sering bergerak sendiri. Ketika layar smartphone sering bergerak sendiri, ini bisa disebabkan beberapa faktor. Pertama, mungkin LCD touchscreen pada smartphone mengalami kerusakan. Yang kedua, terjadi kesalahan sistem. Selain itu, penggunaan charger yang gak sesuai juga bisa bikin layar HP kamu sering bergerak sendiri atau sentuhannya gak akurat. Untuk mencegah masalah ini, jangan biarkan smartphone terkena cairan, terkena tekanan, serta usahakan selalu gunakan charger original atau charger yang sesuai.

4. Muncul titik hitam atau dead pixel pada layar smartphone

Titik hitam atau dead pixel adalah kondisi di mana terdapat titik atau noda berwarna hitam pada layar. Titik ini mungkin hanya berukuran kecil. Seiring penggunaan, titik hitam tersebut akan menyebar dan bertambah besar. Hal ini lantaran terjadi kerusakan pada piksel LCD yang mati karena tekanan keras ataupun usia pemakaian yang sudah cukup lama. Jadi, hindari menekan layar terlalu keras dan hindari dari benturan, ya!

5. Muncul garis pada layar smartphone

Sama halnya dengan dead pixel, garis pada layar juga terjadi akibat kerusakan LCD. Meski masih bisa disentuh dengan normal, kondisi tersebut mengganggu penampilan. Untuk mencegahnya, kamu harus menggunakan smartphone dengan hati-hati. Hindari tekanan keras, benturan, atau bahkan jatuh.

Kesimpulannya, kamu harus menjaga smartphone dengan baik dan hati-hati, ya! Selalu pasang tempered glass dan gunakan soft case pelindung. Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya lima kerusakan layar seperti di atas.

https://www.idntimes.com/tech/gadget/richpriant/kerusakan-sering-terjadi-pada-layar-hp-c1c2?page=all


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.