Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

SMAN 1 Belitang OKU Timur Terapkan Kurikulum Merdeka Sejak 2022, Siswa Belajar Lebih Fleksibel


Baturajaradio.com
- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Belitang telah memakai sistem kurikulum merdeka sejak tahun ajaran 2022.

Hal ini disampaikan oleh Kepala SMAN 1 H Prioyitno, SPd, MM, ia menuturkan sekolahnya sudah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2022.

Dalam Kurikulum Merdeka peserta didik disuruh memilih mata pelajaran yang sesuai dengan cita-citanya sehingga siswa belajar pun menjadi lebih fleksibel.

"Alhamdulillah sudah berjalan tahun yang kedua dimana SMA Negeri 1 Belitang menerapkan kurikulum Merdeka dengan kategori Mandiri Berubah. Sudah dari tahun kemarin mas. Jadi tidak ada jurusan IPA, IPS atau Bahasa," katanya, saat diwawancarai via handphone, Senin (31/07/2023).

Ia juga menjelaskan, bahwa Kurikulum Merdeka adalahh kurikulum yang diterapkan dengan kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel.

Mulai dari materi pelajaran, tapi tetap berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

"Mekanisme penerapannya kalau pada proses pembelajaran sama seperti sebelumnya khususnya waktu dan alokasi jam permapelnya. Namun pada struktur kurikulum dan pemetaan Mata Pelajaran yang berbeda," jelasnya.

Karena di Kurikulum Merdeka, lanjut kata dia, siswa sebagai student center pada proses pembelajaran dan ada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang tidak ada di kurikulum lainnya.

"P5 ini dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek tersebut dirancang terpisah dari intrakurikuler," jelasnya.

Ia juga menyampaikan guru ada yang belum sepenuhnya paham, namun sekolah terus mengadakan In House Training (IHT) untuk membekali guru.

"Selain itu kami juga telah mengadakan Studi Tiru ke SMAN 3 Kayu Agung pada awal tahun 2023 kemarin. Semoga dewan guru dapat menjalankan kurikulum merdeka ini sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.


( https://sumsel.tribunnews.com/2023/07/31/sman-1-belitang-oku-timur-terapkan-kurikulum-merdeka-sejak-2022-siswa-belajar-lebih-fleksibel )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.