Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Mengemuka Skandal Korupsi hingga Selingkuh Hantam Singapura


Baturajaradio.com --
Singapura sedang dihantam rentetan skandal dalam bulan Juli ini. Skandal korupsi hingga perselingkuhan seolah mengemuka secara berbarengan.

Seperti dilansir AFP, kekacauan sedang menyelimu
ti dunia politik Singapura. Kasus korupsi hingga perselingkuhan membuat sejumlah pejabat publik mengundurkan diri.


Yang pertama adalah Menteri Transportasi S Iswaran. Ia ditangkap karena penyelidikan korupsi tingkat atas yang langka, yang juga menjerat seorang taipan perhotelan.

Badan antikorupsi Singapura belum mengungkapkan rincian penyelidikan terhadap Iswaran, yang dibebaskan dengan jaminan dan telah diperintahkan untuk cuti.

Para menteri kabinet di Singapura dibayar dengan gaji yang sebanding dengan mereka yang berpenghasilan tertinggi di sektor swasta untuk mencegah korupsi.

Skandal Perselingkuhan Ketua Parlemen

Ketua parlemen Singapura dan seorang anggota parlemen wanita mengundurkan diri pada Senin (17/7) waktu setempat, setelah terungkap terlibat perselingkuhan.

Seperti dilansir AFP, Senin (17/7/2023), Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong menyatakan dirinya menerima pengunduran diri yang diajukan ketua parlemen Singapura Tan Chuan Jin dan seorang anggota parlemen bernama Cheng Li Hui. Keduanya merupakan anggota Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa.

PM Lee menyebut pengunduran itu bertujuan untuk 'mempertahankan standar tinggi kesopanan dan perilaku pribadi' dari PAP.

Lebih lanjut diungkapkan oleh PM Lee bahwa Tan dan Cheng terlibat 'hubungan tidak pantas' yang berlanjut bahkan setelah dirinya meminta keduanya berhenti menjalin hubungan itu pada Februari lalu.

Saat berbicara kepada wartawan setempat, PM Lee mengatakan bahwa Tan yang sudah menikah dan memiliki dua anak, telah menawarkan diri untuk mundur pada awal tahun ini ketika dirinya berbicara dengan Tan membahas perselingkuhan tersebut.

PM Lee menerima tawaran pengunduran diri itu, namun pengunduran diri Tan baru berlaku secara resmi ketika pengaturan untuk pengganti dari distrik yang diwakilinya dibuat.

Dituturkan juga oleh PM Lee bahwa dirinya telah memberitahu Tan agar mengakhiri perselingkuhan itu. "Namun baru-baru ini, saya menemukan informasi yang sangat mengindikasikan bahwa hubungan itu berlanjut," sebutnya.

Skandal Perselingkuhan Mengemuka Lagi

Dilansir, dari AFP, Senin (17/7/2023), Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong menyatakan dirinya menerima pengunduran diri Tan Chuan Jin dan Cheng Li Hui. Keduanya merupakan anggota Partai Aksi Rakyat (PAP) yang sedang berkuasa.

PM Lee menyebut pengunduran itu bertujuan untuk 'mempertahankan standar tinggi kesopanan dan perilaku pribadi' dari PAP.

Dua hari berselang, anggota Partai Buruh (WP) Leon Perera, dan pemimpin sayap pemuda partai tersebut, Nicole Seah, mengundurkan diri dari Parlemen. Mereka mengundurkan diri setelah video yang menunjukkan mereka berpegangan tangan diposting di media sosial.

"Keduanya mengaku berselingkuh," kata kata ketua WP, Pritam Singh, dalam konferensi pers, seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (19/7/2023).

"Konstitusi Partai Buruh mensyaratkan para kandidat untuk jujur dan terus terang dalam berurusan dengan partai dan rakyat Singapura," ujar Singh.

Keduanya diketahui telah menikah dan memiliki anak. WP adalah partai oposisi terbesar di parlemen Singapura setelah melakukan terobosan besar dalam pemilu 2020.

Namun, PAP, yang memerintah Singapura sejak 1959, masih memegang mayoritas parlemen.

Singh mengatakan perselingkuhan dimulai setelah pemilihan umum 2020 dan sopir Perera telah memberi tahu para anggota partai, meskipun Perera dan Seah membantahnya.

Baru setelah video keduanya berpegangan tangan diposting di media sosial pada hari Senin lalu, mereka terpaksa mengakui bahwa mereka sedang menjalin hubungan.

"Ini tidak bisa diterima," tegas Singh.

Sumber Artikel::  https://news.detik.com/internasional/d-6833435/mengemuka-skandal-korupsi-hingga-selingkuh-hantam-singapura.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.