Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Ratusan Warga OKU Terserang Diare, Ini Penyebabnya.

 




Baturaja Radio.com - Sebanyak 528 warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terserang penyakit diare. Jumlah tersebut berdasarkan data Dinas Kesehatan OKU melalui Puskesmas di OKU selama lima bulan terakhir (Januari-Mei 2023).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penataan lingkungan Hidup Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto Dimulyo, SKM, MM menyebutkan, penyakit diare sangat berpotensi menyerang masyarakat OKU di musim kemarau seperti saat ini.

Hal itu, disebabkan debit air di sungai ogan berkurang. sementara untuk kebutuhan air masyarakat OKU mengandalkan air sungai ogan.

Seperti untuk mandi, cuci. Tapi masalahnya, kata Andi, terkadang warga buang air besar di sungai. Sehingga membuat air sungai ogan tercemar.

Belum lagi budaya buang sampah sembarangan ke sungai ogan oleh warga. Itu akan menambah rusaknya kualitas air sungai ogan.

Menurut Andi, kendati terjadi penyakit diare menyerang 528 warga OKU, namun saat ini kondisinya sudah pulih alias sembuh.
”Alhamdulillah sejauh ini belum ada warga OKU yang meninggal dunia karena terserang diare,” kata Andi.

Lebih jauh, lanjut Andi, Dinkes OKU jauh hari sudah meminta kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan air bersih dengan cermat. Sehingga, kebutuhan air tetap terpenuhi.

Selain itu, upaya lainnya adalah dengan mengajak kepada masyarakat untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih atau PHBS. Baik kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar.

Dengan begitu, bukan saja penyakit diare, tapi segala penyakit akan bisa terhindar.

”Bila masih ada masyarakat yang terserang diare silakan warga datang ke fasilitas kesehatan. Seperti Puskesmas, pusat kesehatan desa/pusat kesehatan kelurahan setempat untuk diambil tindakan lebih lanjut,” pungkasnya. (din)

https://okusatu.id/ratusan-warga-oku-terserang-diare-ini-penyebabnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.