Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Polres OKU Modifikasi Motor Bekas Jadi Motor Penjelajah Pemadam Api

 




Baturaja Radio.com - Polres Ogan Komering Ulu (OKU) ciptakan Motor jelajah pemadam Api, yang mana motor jelajah pemadam Api ini dapat di gunakan apabila terjadi kebakaran di tempat area padat penduduk dan apabila terjadi kebakaran hutan yang sangat sulit di jangkau oleh kendaraan Pemadam Kebakaran.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH mengatakan awal mula timbul ide pembuatan motor pemadam api, lantaran adanya kasus karhutlah yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

“Waktu itu saya turun langsung ikut memadamkan api, nah itu sangat susah apa lagi medannya hanya bisa dilalui motor, muncul ide inovasi untuk memodifikasi motor itu mejadi pemadam api,” jelasnya pada awak media di sela kegiatan. Rabu (21/06/2023).

Dijelaskan Kapolres, cara kerja motor jelajah pemadam api ini, mesin motor dimodifikasi ditambah alat yang namanya Pompa Keong. Pompa keong yang digerakkan oleh mesin motor bisa menyedot air dari sumbernya seperti sungai atau mobil suplai damkar kemudian di keluarkan atau disemprotkan untuk memadamkan api.

“Kalau daya semprotnya sangat luar biasa, kita uji coba di medan datar bisa mencapai 700 meter, tapi untuk medan berbukit atau miring mungkin hanya 500 meter, jadi jika diasumsikan kebakaran sejauh 1 KM, kita hanya membutuhkan dua unit motor yang dipasang secara estafet,” jelasnya.

Tak hanya untuk memadamkan api, lanjut kapolres inovasi motor penyemprot air ini juga bisa digunakan di dunia pertanian. ” Motor ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman dilahan pertanian. Kalau lagi kemarau sumber air jauh atau irigasi mengering bisa digunakan motor ini untuk menyiram lahan pertanian,” ujarnya.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah pada saat menyaksikan cara kerja Motor jelajah pemadam Api yang telah di ciptakan oleh Kapolres OKU, H Teddy Mailwansyah sangat mengapresiasi atas inovasi polres OKU yang berhasil memanfaatkan bangkai sepeda motor yang tak berguna menjadi
Motor jelajah pemadam Api.

“Kita baru saja menyaksikan hasil karya inovasi yang dibuat oleh Bapak Kapolres OKU bersama tokoh masyarakat Lubuk Batang Baru berupa motor jelajah pemadam api. Uniknya sepeda motor hasil modifikasi ini memang di desain sedemikian rupa untuk mampu beroperasi di Medan sulit yang tak terjangkau oleh mobil pemadam seperti kawasan hutan, perbukitan, hingga kawasan padat penduduk atau gang sempit, ” pungkasnya .(Red)

https://beritaokuterkini.com/polres-oku-modifikasi-motor-bekas-jadi-motor-penjelajah-pemadam-api

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.