Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kesadaran Masyarakat Rendah, Terbukti Masih Banyaknya Sampah Dibuang Sembarangan

 




Baturaja Radio.com - Meski terus dilakukan pembersihan sampah yang menumpuk di saluran air yang terletak di jalan mayor Iskandar samping kantor Dispora OKU, namun kondisi tersebut tidak lah bertahan lama. Selang beberapa hari saja, sampah kembali menumpuk seakan kesadaran masyarakat tak pernah timbul meski terus di himbau untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU bersama pemerintah kecamatan Baturaja Timur pada Selasa (6/6/2023). Kembali DLH menerjunkan petugas untuk membersihkan sampah yang berada di dalam Siring besar itu.

“Kita sudah sering membersihkan sampah di Siring ini, namun tak beberapa lama sampah kembali menumpuk, dan sampahnya bermacam – macam, bahkan sampai kasur pun ada. Namun pada umumnya sampah rumah tangga seperti bekas kemasan makan,” ujar Ahmad Firdaus di bincangi Selasa (6/6/2203).

Dilanjutkan firdaus, dirinya menilai kinerja petugasnya sudah sangat maksimal. Meski dirinya mengakui bahwa saat ini banyak kekurangan turutama pada kendaraan pengangkut sampah.

“Sudah maksimal, dalam sehari petugas bisa 2 trip mengambil sampah ini. Namun kendalanya, masyarakat membuang sampah ini setelah petugas mengangkut. Jadi sampah kembali ada. Ya kita himbau, kalau buang sampah itu malam hari, jadi pas subuh bisa di angkut oleh petugas,”lanjutnya.

“Kita juga saat ini masih kekurangan armada sampah. Saat ini kita hanya memiliki 15 truk sampah,” timpalnya.

Ahmad Firdaus berharap kedepan akan ada penambahan truk sampah untuk lebih mengoptimalkan lagi kinerja dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU.

“Ya kalau bisa ada tambahan 3 atau 4 truk lagi. Saat ini kita juga telah mengajukan 10 box konteiner sampah untuk di tempatkan di beberapa titik di OKU,” kata dia.

Masih kata Firdaus, semaksimal apapun kinerja para petugas pengangkut sampah jika tidak dibarengi oleh kesadaran masyarakat, maka kondisi banyaknya sampah dibuang sembarang tak akan berubah. Oleh karenanya dirinya meminta kesadaran masyarakat untuk ikut berperan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat agar sampah bisa dibunag pada tempatnya.

“Ini bukan menjadi tanggung jawab kita saja, ini tanggung jawab kita bersama. Terutama ditingkatan RT/RW agar lebih gencar memberi edukasi kemasyarakatnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Baturaja Timur Ogan Amrin sangat mendukung paa yang telah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup OKU. Menurutnya kinerja para petugas sampah dalam membersihkan Kabupaten OKU Dari tumpukan sampah sudah maksimal.

“Kita sangat apresiasi kinerja para petugas sampah. Hanya saja memang kesadaran masyarakat yang masih sangat minim. Siring ini bukan baru pertama kali terjadi penumpukan sampah yang hanyut dari hulunya. Apalagi tatkala hujan, Siring ini sampai tersumbat oleh tumpukan sampah. Namun, kita tetap berupaya untuk membersihkan meski esok lusa nya sampah kembali menumpuk,” ucap Ogan Amrin.

Hal itu, kata dia, bukan berarti pihaknya tidak pernah menghimbau masyarakat. Himbauan terus dilakukan melalui kades, lurah untuk di teruskan kepada para RT/RW.

“Himbauan sudah terus kita lakukan. Disetiap ada kesempatan rapat, kita himbau melalui lurah, atau kades untuk disosialisasikan kemasyarakat,” Pungkasnya.(Lee)

https://klikoku.id/kesadaran-masyarakat-rendah-terbukti-masih-banyaknya-sampah-dibuang-sembarangan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.